Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WHO: Kurva Covid-19 Brasil Mulai Melandai

WHO berharap Brasil akan mengambil tindakan penanganan berkelanjutan dan terpadu.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 18 Juli 2020  |  09:27 WIB
Calon penumpang kereta mengenakan masker di dalam stasiun kereta Luz di Sao Paulo, Brasil, Senin (22/6/2020). - Bloomberg/Jonne Roriz
Calon penumpang kereta mengenakan masker di dalam stasiun kereta Luz di Sao Paulo, Brasil, Senin (22/6/2020). - Bloomberg/Jonne Roriz

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakin Brasil akan melewati pandemi Covid-19 karena jumlah kasus di Negeri Samba ini telah melampaui angka 2 juta orang.

"Kenaikan di Brasil tidak lagi eksponensial," kata Direktur Eksekutif WHO Michael Ryan dalam konferensi pers Jumat.

"Ada puncak, dan ada peluang di sini sekarang bagi Brasil untuk menekan penyakit itu, untuk menekan penularan virus, untuk mengambil kendali," tambahnya.

Dia berharap Brasil akan mengambil tindakan penanganan berkelanjutan dan terpadu. Negara di Amerika Latin ini mengekor AS dalam jumlah infeksi dan kematian akibat virus Corona secara global, dengan hampir 78.000 kematian.

Respons minim Brasil telah dikritik oleh para ahli kesehatan dan oleh WHO sendiri. Presiden Jair Bolsonaro mengatakan bulan lalu pemerintah sedang mempertimbangkan mundur dari keanggotaan WHO, menyusul langkah Presiden AS Donald Trump.

Penyebaran virus semakin bergeser ke sejumlah kota di Brasil dalam beberapa minggu terakhir.

Sementara itu, pusat-pusat kota seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro jumlahnya sudah stabil. Penyakit ini menyebar dengan cepat di daerah Brasil yang lebih miskin dan lebih terpencil.

Wilayah timur laut yang miskin sekarang memiliki jumlah kasus yang hampir sama dengan wilayah tenggara, seperti Rio dan Sao Paulo.

Pada hari Jumat (18/7/2020), Brasil melaporkan 34.177 kasus baru dan 1.163 kematian akibat penyakit tersebut. Negara itu dengan 210 juta orang telah mencatat lebih dari 260.000 infeksi dalam setiap dua minggu terakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil who

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top