Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sejumlah BUMN Dikerahkan untuk Penanganan Banjir Bandang di Masamba

BUMN memiliki satgas bencana hampir di semua kabupaten di Indonesia, sehingga memungkinkan untuk bergerak cepat dalam penanganan bencana, termasuk banjir Masamba.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  13:36 WIB
Bandara Andi Jemma Masamba, Luwu Utara. Banjir bandang yang terjadi pada Senin (13/7/2020) tersebut mengakibatkan sejumlah fasilitas bandara terendam banjir dan berdampak pada lumpuhnya operasional penerbangan. - Kemenhub
Bandara Andi Jemma Masamba, Luwu Utara. Banjir bandang yang terjadi pada Senin (13/7/2020) tersebut mengakibatkan sejumlah fasilitas bandara terendam banjir dan berdampak pada lumpuhnya operasional penerbangan. - Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) turut terlibat dalam penanganan banjir bandang yang terjadi di Masamba, Luwu, Sulawesi Selatan, antara lain PT PLN, PT Hutama Karya, PT Pertamina, dan PT Bank Mandiri Tbk.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan BUMN memiliki satgas bencana hampir di semua kabupaten di Indonesia, sehingga memungkinkan untuk bergerak cepat dalam penanganan bencana, termasuk banjir Masamba.

“Kita cepat antisipasi dan koordinasi dengan BNPB langsung [dengan] Pak Doni Monardo. Itu meminta kita untuk langsung turun ke lapangan, khususnya penanganan listrik dan alat-alat berat untuk membersihkan lumpur lumpur karena banjir kemarin,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Kamis (16/7/2020)

Untuk kelistrikan, Arya mengatakan PLN telah membawa tiang-tiang listrik baru untuk menggantikan tiang yang rusak serta tersapu banjir dan dalam waktu sehari telah berhasil menghidupkan sebagian listrik di kawasan Masamba tersebut.

Kemudian, Pertamina membantu untuk ketersediaan gas dan Hutama Karya juga berkontribusi dalam pengadaan dan pengoperasian alat-alat berat untuk memberikan lumpur-lumpur dan reruntuhan akibat banjir.

Di samping itu, sejumlah satuan tugas lain yang ada di kawasan tersebut seperti Bank Mandiri juga dikerahkan untuk membantu bahan makanan dan keperluan lain yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak.

“Kita terus bekerja bersama Pemda. Kita harapkan semoga bencana ini tertanggulangi dengan baik. Tadi ini semua Pak Erick [Thohir] yang meminta kita menyelesaikan semua menanggulangi permasalahan bencana yang ada di Masamba,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN banjir
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top