Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet, Ini Kata Moeldoko

Terkait beredarnya susunan kabinet baru atau menteri-menteri yang di-reshuffle, Moeldoko menilai itu hal yang biasa dalam dinamika perpolitikan di Indonesia.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  19:56 WIB
Reshuffle kabinet - theguardian
Reshuffle kabinet - theguardian

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko angkat bicara terkait santernya isu perombakan atau reshuffle kabinet pasca viralnya video kemarahan Presiden Joko Widodo pada saat rapat kabinet 18 Juni 2020.

"Saya gak bisa melampaui apa yang dipikirkan presiden. Secara mutlak itu [reshuffle] hak prerogatif beliau," katanya dalam diskusi yang disiarkan melalui Instagram Live, Kamis sore (2/7/2020).

Mantan Panglima TNI tersebut mengatakan dirinya tidak memiliki kompetensi untuk memastikan apakah Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle menteri-menterinya dalam waktu dekat.

Terkait penanganan wabah virus Corona atau Covid-19, Moeldoko menuturkan ada empat hal yang menjadi fokus Presiden. Pertama, penguatan sektor kesehatan agar masyarakat tidak menjadi korban. Kedua, pendistribusian bantuan sosial agar masyarakat tetap makan.

Ketiga, pemberdayaan UMKM agar tidak banyak masyarakat yang menganggur. Terakhir, inentif di bidang ekonomi agar roda perekonomian tetap bisa berjalan.

Menurutnya, hal yang disampaikan Presiden saat sidang kabinet justru menjadi pendorong agar menteri-menteri dapat bersemangat dalam mempercepat penanganan Covid-19 di berbagai sektor.

Terkait beredarnya susunan kabinet baru atau menteri-menteri yang di-reshuffle, Moeldoko menilai itu hal yang biasa dalam dinamika perpolitikan di Indonesia.

"Banyak peramal di luar. Muncul peramal-peramal baru sudah biasa. Dinamika politik harus seperti itu," ujarnya.

Beberapa hari belakangan, video kemarahan Presiden Joko Widodo menjadi perbincangan khalayak. Tidak mengherankan memang, karena menunjukkan Kepala Negara kecewa dengan dengan kinerja kementerian yang dianggapnya biasa-biasa saja dalam menangani pandemi Covid-19.

Dalam video rapat internal arahan Presiden Jokowi yang diunggah di kanal resmi Sekretariat Presiden di YouTube, Minggu (28/6/2020), terlihat dia menyemprot para menteri dan mengancam bakal melakukan langkah yang tidak biasa, yaitu reshuffle kabinet. Teguran keras tersebut disampaikannya dalam Sidang Kabinet Paripurna yang dihelat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet moeldoko
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top