Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Minta Konsolidasi Pemberdayaan UMKM Segera Dilakukan

Wapres menilai penyederhanaan chanelling pembiayaan untuk UMKM atau pinjaman yang diberikan oleh pihak ketiga kepada anggota Koperasi perlu menjadi perhatian.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).  Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta konsolidasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) segera dilaksanakan. Langkah ini diperlukan agar kebijakan satu pintu segera direalisasikan.

“One gate policy [kebijakan satu pintu] untuk UMKM harus segera diimplementasikan dalam program restrukturisasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil, seperti pada perencanaan program dan anggarannya," kata Wapres melalui keterangan resmi, Rabu (1/7/2020).

Wapres sempat menerima Menkop UKM Teten Masduki, beserta jajaran di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat siang tadi.

Selain kebijakan satu pintu, Wapres menilai penyederhanaan chanelling pembiayaan untuk UMKM atau pinjaman yang diberikan oleh pihak ketiga kepada anggota Koperasi juga perlu menjadi perhatian.

"[Diperlukan] penguatan LPDB [Lembaga Pengelola Dana Bergulir] untuk chanelling pembiayaan murah untuk koperasi, koperasi simpan pinjam, koperasi syariah, dan BMT [Baitul Maal wat Tamwil/Badan Usaha Mandiri]," ujarnya.

Selain itu, Ma'ruf mengatakan penguatan ekosistem pengawasan dan pengembangan sistem perlindungan dana simpanan koperasi juga menjadi satu kesatuan faktor yang harus diperkuat.

"Penguatan ekosistem pengawasan dan pengembangan sistem perlindungan dana simpanan koperasi harus ditingkatkan agar koperasi bisa tumbuh berkembang karena mendapat kepercayaan masyarakat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper