Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dokter Reisa: Imunisasi Cara Efektif Lindungi Anak dari Infeksi

Meski sedang terjadi pandemi Covid-19, orang tua diminta tetap memberi imunisasi bagi anak-anaknya.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  17:30 WIB
Ilustrasi-Imunisasi DT/TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. - Solopos/Burhan Aris Nugraha
Ilustrasi-Imunisasi DT/TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. - Solopos/Burhan Aris Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mendorong imunisasi bagi anak tetap dijalankan meski di masa pandemi Covid-19. Imunisasi dinilai paling efektif mencegah penularan penyakit.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan imunisasi yang lengkap bagi anak dapat memperkuat kekebalan tubuh dan memusnahkan penyakit.

“Bawa anak ke Puskesmas dan Posyandu untuk imunisasi. Disiplin menerapkan protokol kesehatan selama di fasilitas kesehatan,” kata Reisa melalui konferensi virtual, Selasa (30/6/2020).

Reisa menerangkan imunisasi dapat melindungi anak dari ancaman penyakit berbahaya. Program ini juga diyakini merupakan cara teraman dan terefektif melindungi anak.

“Kalau bisa dicegah kenapa harus menunggu untuk diobati. Pastikan imunisasi lengkap sesuai panduan. lindungi diri lindungi orang lain,” ujar Reisa.

Di sisi lain, Reisa menyebut pelayanan imunisasi menurun selama pandemi Covid-19. Kondisi ini terlihat dari survey Kementerian Kesehatan bersama UNICEF dan pemerhati anak.

Selain itu, situasi ini menjadi tantangan bagi program imunisasi dalam masa pandemi. Terlebih ketiadaan imunisasi akan menimbulkan wabah ganda atau double outbreak berupa merebaknya Covid-19 dan penyakit menular lainya.

Menurut Reisa imunisasi penting diberikan kepada anak meski di tengah pandemi. Kendati begitu pemberian imunisasi tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imunisasi covid-19 dokter Reisa
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top