Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dokter Reisa: Pelayanan Imunisasi Menurun pada Masa Pandemi

Tim Gugus Tugas Covid-19 mendorong agar imunisasi untuk anak tetap dilakukan pada masa pandemi Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  16:37 WIB
Imunisasi DT - TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)
Imunisasi DT - TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan pelayanan imunisasi bagi anak cenderung menurun selama pandemi Covid-19. Kondisi ini berpotensi menimbulkan dampak ganda.

Dia mengatakan vaksin atau imunisasi memungkinkan anak tercegah dari penularan penyakit. Selama ini banyak penyakit yang dianggap hilang seperti Polio akibat imunisasi.

“Kementerian Kesehatan mengungkapkan hasil survei bersama UNICEF dan pemerhati anak mendapat fakta bahwa mayoritas pelayanan kesehatan termasuk pelayanan imunisasi menurun karena adanya wabah,” kata Reisa melalui konferensi virtual, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan kondisi ini menjadi tantangan bagi program dalam masa pandemi. Terlebih situasi tersebut akan menimbulkan wabah ganda atau double outbreak dari merebaknya Covid-19 dan penyakit menular lainya.

Menurutnya, imunisasi kepada anak penting untuk diberikan meski di tengah pandemi. Meskipun demikian, pemberian imunisasi tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan tetap diutamakan perlu di lakukan langkah-langkah penting untuk memastikan setiap sasaran imunisasi yaitu anak yang merupakan kelompok rentan penderita PD3I atau penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi,” ujarnya.

Lebih lanjur, Reisa menyatakan bahwa imunisasi perlu untuk melindungi anak dari penyakit berbahaya. Menurut Reisa, seluruh pihak perlu menerapkan berbagai prinsip yang menjadi acuan dalam melaksanakan program imunisasi pada masa Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imunisasi Virus Corona covid-19 dokter Reisa
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top