Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Sembuh Covid-19 Indonesia di Bawah Rata-rata Dunia

Saat ini kasus sembuh dari Covid-19 di Indonesia 41,48 persen, sedangkan kasus sembuh rata-rata dunia mencapai 54,15 persen.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  17:32 WIB
Seorang warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 membawa spanduk bertuliskan ucapan terima kasih kepada tenaga medis saat dipulangkan dari tempat karantina di Asrama Haji Surabaya pekan lalu. - Antara
Seorang warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 membawa spanduk bertuliskan ucapan terima kasih kepada tenaga medis saat dipulangkan dari tempat karantina di Asrama Haji Surabaya pekan lalu. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gugus Tugas Covid-19 mengakui bahwa saat ini angka kasus sembuh pasien Covid-19 di Indonesia masih di bawah kasus sembuh rata-rata dunia. Saat ini kasus sembuh di Indonesia 41,48 persen, sedangkan kasus sembuh rata-rata dunia mencapai 54,15 persen.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan meski lebih rendah secara nasional, namun tercatat 18 provinsi dengan angka sembuh di atas rata-rata dunia.

“Bahkan lima provinsi angka kesembuhannya di atas 80 persen. Di antaranya adalah Bangka Belitung, Yogyakarya, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Gorontalo,” kata Yuri saat konferensi virtual, Senin (29/6/2020).

Sementara itu hingga kini total sembuh Covid-19 di Indonesia mencapai 864 pasien sehingga totalnya menjadi 23.800.

Adapun, kasus positif bertambah 1.082 kasus sehingga totalnya menjadi 55.092 kasus. Di sisi lain, jumlah pasien yang meninggal bertambah 51 orang sehingga menjadi 2.805 orang.

Yuri menambahkan apabila dilihat dari case fatality rate (CFR) atau kasus persentase meninggal akibat Corona secara global menyentuh 5,01 persen. Sementara secara nasional masih berada di 5,15 persen.

Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan Jepang yang berada di angka 5,33 persen. Bahkan 23 provinsi di Indonesia mencatatkan angka kematian di bawah angka rata-rata dunia yaitu 5,01 persen.

“Ini yang kemudian kita yakini bahwa optimisme kita kesembuhan pasien Covid-19 ini semakin baik,” ujarnya.

Selain itu, dilaporkan 448 kabupaten/kota terdampak Corona. Pemerintah juga masih melakukan pemantauan ketat terhadap 41.605 orang dan pengawasan terhadap 13.335 orang.

“Kerja keras kita, kerja bersama kita semakin hari semakin menunjukkan hasil yang baik. Angka di atas menunjukkan indikator keberhasilan itu. Namun kita harus tetap meyakini bahwa Covid-19 masih ada, masih mungkin terjadi. Maka mari bersama menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 Achmad Yurianto
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top