Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pantau Perbatasan Timor Leste, Mahfud: Presiden Memiliki Perhatian Khusus

Pemantauan kondisi perbatasan Indonesia dengan Timor Leste dilakukan karena Presiden Jokowi memilki perhatian khusus terhadap pembangunan daerah perbatasan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  16:19 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (13/2/2020). - Antara
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (13/2/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memantau kondisi perbatasan negara Indonesia - Timor Leste, di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain NTT, Kamis (18/6/2020).

Mahfud mengatakan pemantauan kondisi perbatasan kedua negara dilakukan karena Presiden Jokowi memilki perhatian khusus terhadap pembangunan daerah perbatasan.

Selain membangun dan mengenjot pertumbuhan ekonomi daerah perbatasan, Menurut Mahfud, pemerintah telah memberikan perhatian khusus terkait kebutuhan sarana prasarana pertahanan dan keamanan.

"Salah satu arti penting kita bertemu disini, adalah menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, serta membangun ekonomi kawasan perbatasan, " ujar Mahfud dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (18/6/2020).

Pada kesempatan yang sama, Tito menjelaskan Presiden Jokowi sangat serius membangun Indonesia dari perbatasan, salah satunya perbatasan Indonesia - Timor Leste.

"Daerah perbatasan menjadi titik tekan pemerataan pembangunan. Pos lintas batas sebagai beranda kedaulatan negara," ujar Tito yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

Pos lintas batas negara, lanjut Tito, tidak hanya sekedar pos perlintasan, tapi menjadi etalase dan sentra industri dalam konsep pertahanan ekonomi. Dia mengklaim di kawasan tersebut, sesuai instruksi presiden, telah dibangun layanan lintas batas, pasar, pusat pembelanjaan, terminal, sarana peribadatan dan lain-lain.

Adapun, kehadiran Mahfud dan Tito di kawasan perbatasan tersebut guna memantau langsung proses program percepatan pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah, khususnya percepatan pembangunan ekonomi.

Kawasan tersebut juga merupakan salah satu perbatasan yang masuk dalam program percepatan pembangunan ekonomi, bersama perbatasan Skow, Papua dan Perbatasan Aruk, Kalimantan Barat.

Turut hadir dalam pertemuan ini perwakilan dari Bappenas, Kementerian PUPR, Kementan, Kemendag, Kemenkominfo dan perwakilan dari Kemenhub. Gubernur NTT, Bupati Balu dan tokoh adat setempat turut menyambut kedatangan kedua menteri tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mahfud md timor leste wilayah perbatasan
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top