Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenang Pak Harto,  Isih Penak Jamanku to?

Selama 32 tahun berkuasa, Pak Harto meninggalkan sejumlah capaian bagi kemajuan perekonomian bangsa. Managemen pemerintahan yang dinilai represif menjadi catatan tersendiri yang tak bisa dilupakan.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  10:35 WIB
Presiden ke/2 RI Soeharto didampingi Wakil Presiden BJ Habibie menyatakan mundur dari jabatannya di istana Negara, Jakarta
Presiden ke/2 RI Soeharto didampingi Wakil Presiden BJ Habibie menyatakan mundur dari jabatannya di istana Negara, Jakarta

SUATU SIANG beberapa lama setelah Presiden Soeharto lengser, dua orang pria AS bertemu di kawasan Kuningan. Keduanya berbincang sebagai sesama expat yang berada di Indonesia. Perbincangan ngalor-ngidul itu sampai pada ‘penyesalan’ salah satu di antara dua ekspatriat ini.

“Menyesal juga, waktu itu saya ikut menghantam pasar uang Indonesia,” ujar salah satu pria muda tersebut.

Sulit untuk membuktikan bahwa pria muda itu termasuk yang membuat perekonomian Indonesia goyah dan menjadi salah satu faktor runtuhnya rezim Orde Baru.

Saat-saat menjelang kejatuhan Orba terjadi begitu banyak aktivitas yang tampak dan tak tampak di belakang layar. Hingga akhirnya Presiden Soeharto, menyatakan lengser dari kursi kepresidenan.

Kemarin, 8 Juni adalah hari kelahiran Pak Harto. Mau tidak mau, memori tentang kelahiran Pak Harto pun berasosiasi dengan era kepemimpinan dan kejatuhannya.

1 dari 8 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

soeharto
Editor : Saeno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top