Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selamatkan Maskapai Nasional, Afrika Selatan Anggarkan US$1,2 Miliar

Paket bantuan tersebut akan digunakan untuk membayar utang kepada para kreditur, biaya efisiensi, dan modal kerja.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 01 Juni 2020  |  18:22 WIB
Bendera Afrika Selatan - Istimewa
Bendera Afrika Selatan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Afrika Selatan untuk sementara waktu sepakat menganggarkan sekitar 21 miliar rand (US$1,2 miliar) untuk membantu maskapai nasional di tengah pandemi.

Dengan wabah virus corona (Covid-19), maskapai penerbangan South African Airways menghadapi tantangan dengan adanya pelarangan perjalanan. Sementara, perusahaan harus membayar utang dan membutuhkan dana untuk melanjutkan operasionalnya setelah pelarangan dicabut.

Dilansir Bloomberg, Senin (1/6/2020), paket bantuan tersebut terdiri dari 17 miliar rand yang akan digunakan untuk membayar utang kepada para kreditur South African Airways, berdasarkan salinan draft skema penyelamatan yang disiapkan pemerintah. Sementara, senilai 4 miliar rand akan digunakan sebagai dana efisiensi dan modal kerja, masing-masing senilai 2 miliar rand.

"Kami tidak bisa berkomentar mengenai draft rencana yang bocor ke media, [draft] itu hanya untuk bahan diskusi dan kami menunggu komentar dari yang berwenang untuk menjelaskan," ujar seorang juru bicara pemerintah saat dikonfirmasi.

Kementerian Perusahaan Publik Afrika Selatan, yang membawahi maskapai tersebut, juga disebutkan belum membahas mengenai draft rencana itu, jelas juru bicara kementerian Sam Mkokeli melalui sambungan telepon.

Pesawat penumpang South African Airways telah dikandangkan sejak akhir Maret, ketika pemerintah Afrika Selatan menutup perbatasan untuk perjalanan yang tidak penting dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Beberapa penerbangan domestik diperbolehkan untuk tujuan bisnis mulai hari ini, walaupun maskapai tersebut telah memangkas rute domestiknya menjadi perjalanan tunggal, yaitu rute Johannesburg-Cape Town.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

afrika selatan maskapai penerbangan

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top