Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Ajaran Baru: Sekolah di Zona Hijau Boleh Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

Pada tahun ajaran baru 2020-2021 metode pembelajaran jarak jauh atau daring masih akan berlaku di daerah berstatus zona merah dan zona kuning.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  20:03 WIB
Ilustrasi-Seorang siswi kelas 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan internet di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi-Seorang siswi kelas 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan internet di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tahun ajaran baru 2020-2021 metode pembelajaran jarak jauh atau daring masih akan berlaku di daerah berstatus zona merah dan zona kuning terkait paparan Covid-19.

Daerah berstatus zona hijau diizinkan melakukan pembelajaran secara tatap muka. Namun, semuanya diserahkan kepada masing-masing daerah, apakah akan menerapkan pembelajaran tatap muka atau tidak.

“Zona merah dan zona kuning masih menerapkan pembelajaran online. Untuk pembukaan sekolah dan pembelajaran tatap muka di daerah yang berstatus zona hijau, nanti itu yang akan menentukan adalah gugus tugas” ujar Plt. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad melalui video konferensi, Kamis (28/5/2020).

Untuk menggunakan metode pembelajaran tatap muka, masing-masing provinsi harus mendapat izin dari gugus tugas. Sementara untuk kalender pendidikan akan di serahkan kepada masing-masing provinsi.

“Pemerintah daerah tidak bisa menentukan sendiri, detailnya mohon menunggu saat ini kita masih godok.
Nanti akan diberikan syaratnya seperti apa setelah melakukan kondolisasi dengan gubernur dan para ahli” tambah Hamid.

Hamid mengungkapkan membuka sekolah bukan kewenangan Kemdikbud. Kemdikbud hanya memberikan syarat-syarat dan ketentuan seperti apa nanti untuk pembukaan sekolah.

"Tetap yang menentukan dibuka atau tidaknya suatu sekolah adalah gugus tugas," ujar Hamid.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sekolah Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top