Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu Lagi Maskapai Penerbangan Amerika Latin Terancam Bangkrut

Latam Airlines Group SA, maskapai penerbangan terbesar di Amerika Latin terancam bangkrut
Bendera Brasil/Istimewa
Bendera Brasil/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Latam Airlines Group SA, meminta perlindungan kebangkrutan ke pengadilan di New York, Amerika Serikat setelah penerbangan dihentikan akibat virus corona, sekaligus menambah panjang daftar maskapai penerbangan yang terancam bangkrut.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (26/5/2020), petisi bab 11 membuat Latam masih bisa mempertahankan kegiatannya sambil membayar para krediturnya. Maskapai penerbangan terbesar di Amerika Latin itu memiliki menanggung utang US$7 miliar.

Hal yang sama sebelumnya menimpa Avianca Holdings SA pada Mei. Avianca pun mengajukan perlindungan dan mendapatkan petisi bab 11 setelah jadwal penerbangan turun drastis akibat upaya penanganan penyebaran virus corona.

Sementara itu, usaha yang terafiliasi latam di Brasil, Paraguay dan Argentina tak masuk dalam kasus kepailitannya yang diajukan di pengadilan New York. Kendati demikian, langkah tersebut akan memberikan imbas secara luas pada maskapai penerbangan yang semula melayani lebih dari 70 juta penumpang dalam setahun itu.

Sebelumnya, Latam memangkas lebih dari 1.850 pekerjaan di Chili, Kolombia, Ekuador dan Peru. Sejauh ini, Latam belum mengakses paket penyelamatan dari pemerintah yang dibuat untuk mengatasi dampak akibat virus corona. Pembicaraan sedang dilakukan pemerintah di Chili, Brasil, Kolombia dan Peru tentang tambahan pendanaan.

Situasi semakin parah saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump melarang pendatang asal Brasil karena posisinya sebagai episenter virus corona di Amerika Latin. Sementara itu, Brasil menyumbang sepertiga pendapatan Latam.

Latam lahir pada 2012 sebagai hasil penggabungan Lan Airlines yang didirikan di Chili dan dan Tam Airlines, maskapai penerbangan asal Brasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper