Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Satu Lagi Maskapai Penerbangan Amerika Latin Terancam Bangkrut

Latam Airlines Group SA, maskapai penerbangan terbesar di Amerika Latin terancam bangkrut
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  12:30 WIB
Bendera Brasil - Istimewa
Bendera Brasil - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Latam Airlines Group SA, meminta perlindungan kebangkrutan ke pengadilan di New York, Amerika Serikat setelah penerbangan dihentikan akibat virus corona, sekaligus menambah panjang daftar maskapai penerbangan yang terancam bangkrut.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (26/5/2020), petisi bab 11 membuat Latam masih bisa mempertahankan kegiatannya sambil membayar para krediturnya. Maskapai penerbangan terbesar di Amerika Latin itu memiliki menanggung utang US$7 miliar.

Hal yang sama sebelumnya menimpa Avianca Holdings SA pada Mei. Avianca pun mengajukan perlindungan dan mendapatkan petisi bab 11 setelah jadwal penerbangan turun drastis akibat upaya penanganan penyebaran virus corona.

Sementara itu, usaha yang terafiliasi latam di Brasil, Paraguay dan Argentina tak masuk dalam kasus kepailitannya yang diajukan di pengadilan New York. Kendati demikian, langkah tersebut akan memberikan imbas secara luas pada maskapai penerbangan yang semula melayani lebih dari 70 juta penumpang dalam setahun itu.

Sebelumnya, Latam memangkas lebih dari 1.850 pekerjaan di Chili, Kolombia, Ekuador dan Peru. Sejauh ini, Latam belum mengakses paket penyelamatan dari pemerintah yang dibuat untuk mengatasi dampak akibat virus corona. Pembicaraan sedang dilakukan pemerintah di Chili, Brasil, Kolombia dan Peru tentang tambahan pendanaan.

Situasi semakin parah saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump melarang pendatang asal Brasil karena posisinya sebagai episenter virus corona di Amerika Latin. Sementara itu, Brasil menyumbang sepertiga pendapatan Latam.

Latam lahir pada 2012 sebagai hasil penggabungan Lan Airlines yang didirikan di Chili dan dan Tam Airlines, maskapai penerbangan asal Brasil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan maskapai penerbangan bangkrut

Sumber : Bloomberg

Editor : Duwi Setiya Ariyanti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top