Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi WNI Repatriasi, Menara 8 & 9 Wisma Karantina Pademangan Disiapkan

Pemerintah menyiapkan menara 8 dan 9 Wisma Karantina Pademangan untuk mengantisipasi lonjakan pasien.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  23:11 WIB
Petugas mengendarai ambulans berisi pasien memasuki Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020)./Antara - Aditya Pradana Putra
Petugas mengendarai ambulans berisi pasien memasuki Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020)./Antara - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menyiapkan menara 8 dan 9 Wisma Karantina Pademangan untuk mengantisipasi lonjakan pasien.

Brigjen TNI M. Saleh Mustafa menuturkan penyiapan menara tersebut dikhususkan untuk melakukan karantina atau isolasi bagi warga negara Indonesia (WNI) repatriasi yang datang dari berbagai negara.

“Tower 8 dan 9 yang berlokasi di Pademangan ini diperuntukkan sebagai tempat karantina atau isolasi WNI repatriasi dari berbagai negara dan lebih dikenal umumnya nama Wisma Karantina Pademangan,” ujar Saleh melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis pada Selasa (26/5/2020).

Saleh menuturkan 1.848 warga diisolasi di Wisma Karantina Pademangan sejak Senin (25/5/2020). Sejak dibuka untuk penanganan Covid-19, wisma ini mencatat 4.175 warga repatriasi dari sejumlah negara.

“Lebih dari 2.000 warga telah kembali ke daerah asal, sedangkan yang terdeteksi kasus positif sebanyak 160 warga,” tuturnya.

Dia mengatakan WNI repatriasi yang telah menjalani karantina dapat melanjutkan perjalanan ke daerah asal. Kendati demikian, ujarnya, sebelumnya mereka melakukan tes swab untuk mengetahui status kesehatannya.

Warga dengan hasil negatif, akan dibekali surat keterangan kesehatan PCR negatif Covid-19 dari dokter Wisma Karantina Pademangan.

“Un tuk mereka dengan hasil positif, segera dirujuk ke RS Darurat Wisma Atlet di Kemayoran hingga dinyatakan sembuh. Mereka yang telah sembuh tetap membutuhkan surat keterangan PCR [polymerase chain reaction] negatif Covid-19 dari dokter RS Darurat Wisma Atlet,” tuturnya.

Sebagai fasilitas isolasi, Wisma Karantina Pademangan menyediakan fasilitas dan pelayanan bagi penghuninya. Mereka yang menjalani isolasi melakukan administrasi yang berlangsung tertib dan lancar, seperti pengembalian paspor dan pemberian surat keterangan sehat PCR negatif Covid-19.

Warga yang diisolasi mendapatkan layanan logistik makanan tepat waktu tiga kali sehari dan snack satu kali. Kebersihan di dalam wisma dan lingkungan sekitar juga menjadi perhatian pengelola wisma.

Menara tersebut berada di Blok C2, Jl. Benyamin Sueb, Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top