Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BOS WHO: Tanpa AS, WHO Tetap Jalan Pimpin Penanganan Covid-19  

Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berjanji akan terus memimpin perang global melawan pandemi Covid-19, meski Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan memotong  pendanaan dan keluar dari organisasi itu.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  07:28 WIB
Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers COVID-19 di Jenewa, Swiss, Senin (2/3/2020). - Bloomberg/Stefan Wermuth
Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers COVID-19 di Jenewa, Swiss, Senin (2/3/2020). - Bloomberg/Stefan Wermuth

Bisnis.com, JAKARTA - Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berjanji akan terus memimpin perang global melawan pandemi Covid-19, meski Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan memotong  pendanaan dan keluar dari organisasi itu.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengeluarkan pernyataan itu untuk  membela organisasi dunia yang berada di bawah naungan PBB tersebut.

Amerika Serikat mengaku kecewa dengan cara penanganan wabah Covid-19 oleh WHO selain tidak independen.

Tedros mengatakan pihaknya akan terus memberikan kepemimpinan strategis untuk mengordinasikan respons global terhadap pandemi tersebut seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (20/5/2020).

Beberapa jam setelah Trump menyampaikan ancamannya untuk keluar dari WHO, Amerika Serikat menyetujui resolusi untuk mengevaluasi kinerja WHO dalam merespons pandemi Covid-19. Resolusi itu akan diadopsi tanpa pemungutan suara.

Sebelumnya, seperti dikutip BBC.com, Trump menyebut WHO sebagai "boneka China" 

Dalam suratnya kepada Tedros, Trump menuding WHO "kurang independen dari China" pada tahap "yang mengkhawatirkan".

Trump menuduh lembaga itu "secara konsisten mengabaikan" apa yang dia sebut sebagai "berbagai laporan kredibel" bahwa virus corona menyebar di Wuhan pada awal Desember atau bahkan sebelumnya.

Menurutnya, WHO "memberikan kami banyak nasihat yang sangat buruk, nasihat jelek" dan "sangat salah dan selalu berpihak kepada China".

Trump, yang bakal menghadapi pemilihan presiden tahun ini, juga dikritik atas penanganan pandemi Covid-19 di AS.

Dia beberapa kali menuding China yang dituduhnya menutupi terjadinya wabah dan menuding WHO tidak meminta pertanggungjawaban negara itu.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat who Donald Trump covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top