Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Integrasi Keilmuan, Kemenag Ingatkan Jangan One Man Show

Kementerian Agama meminta para pimpinan dan dosen perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) untuk mempercepat proses integrasi keilmuan.
Ilustrasi: Kampus UIN Syarif Hidayatullah di Ciputat, Tangerang Selatan./Bisnis.com/Nurudin Abdullah
Ilustrasi: Kampus UIN Syarif Hidayatullah di Ciputat, Tangerang Selatan./Bisnis.com/Nurudin Abdullah

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Agama meminta para pimpinan dan dosen perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) untuk mempercepat proses integrasi keilmuan.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Arskal Salim mengingatkan bahwa perc epatan integrasi keilmuan itu mensyaratkan kolaborasi antarprodi (program studi) atau dosen agama dan umum.

“Tidak mungkin integrasi dapat dilakukan secara sendiri-sendiri. Tidak boleh ada one man show. Harus ada kolaborasi,” ungkapnya dalam Tadarus Litapdimas Seri ke-5 yang mengambil tema “Integrasi Keilmuan: Fact atau Fake” sebagaiman dilanisr laman resmi Kemenag pada Jumat (8/5/2020) siang

Kegiatan iotu sendiri berlangsung pada Kamis (7/5/2020), diikuti lebih dari 2.000 peserta, terdiri atas pimpinan, dosen, dan peneliti PTKI. Acara itu berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom dan akun youtube Pendis Channel.

Menurut Arskal, kolaborasi antara prodi atau dosen agama dan umum antara lain bisa dilakukan dengan membuat program induksi dosen.

Para dosen agama diberikan penguatan wawasan sains sebelum mereka mulai mengajar. Demikian juga dosen umum diberikan wawasan keislaman sebelum menjalankan tugas. Dia mengakui bahwa kolaborasi ini belum sepenuhnya tersistem.

“Saya telah meminta Kasubdit Pengembangan Akademik untuk menyiapkan diplomanya selama 6 bulan atau 1 tahun,” tuturnya.

Saya sadar betul ada beberapa dosen latar belakang umum ketika masuk berharap mereka akan mengadakan pengayaan agama. Namun kenyataannya mereka hanya mengalir di dalam berdasarkan alur yang sudah ada,” tambahnya.

Arskal menyatakan integrasi keilmuan sudah berakar dalam tradisi pembelajaran dan tradisi ilmiah di kampus PTKI. Integrasi keilmuan tampak dalam beberapa aspek terutama dalam kerja-kerja riset di lingkungan PTKI.

Para dosen juga sudah mempunyai visi dan pandangan-pandangan tentang sains di dalam Islam. Ada mata kuliah berbasis sains yang ditawarkan dari semester-semester awal yang juga menunjukkan bagaimana integrasi keilmuan menjadi bagian yang inheren dalam PTKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Kemenag.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper