Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kim Jong-un Muncul Kembali, Mengapa Tak Ada Foto Pendukung?

Spekulasi soal kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tak lantas berhenti dengan kemunculannya. Informasi kehadiran Kim Jong-un meresmikan pabrik pupuk tanpa disertai foto masih membuat kalangan internasional skeptis.
Informasi kehadiran Kim Jong-un meresmikan pabrik pupuk tak disertai foto pendukung./Bloomberg-Kirill Kudryavtsev-AFP via Getty Images
Informasi kehadiran Kim Jong-un meresmikan pabrik pupuk tak disertai foto pendukung./Bloomberg-Kirill Kudryavtsev-AFP via Getty Images

Bisnis.com, JAKARTA - Spekulasi soal kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tak lantas berhenti dengan kemunculannya. Informasi kehadiran Kim Jong-un meresmikan pabrik pupuk tanpa disertai foto masih membuat kalangan internasional skeptis.

Dikutip dari Bloomberg, Kim Jong-un dilaporkan menghadiri pembukaan pabrik pupuk tepat pada hari buruh internasional, atau May Day (1/5/2020).

Menurut media pemerintah, KCNA, Kim Jong-un tampil di depan publik untuk pertama kali sejak media massa ramai berspekulasi tentang kesehatan pemimpin Korut tersebut.

Kim memotong pita sebagai tanda peresmian Pabrik Pupuk Fosfat Sunchon, demikian Kantor Berita Pusat Korea KCNA melaporkan, Sabtu (2/5/2020) pagi waktu setempat.

Namun laporan itu tidak menyertakan foto atau rekaman acara apa pun. Juga tidak terdapat penjelasan apa pun tentang ketidakhadiran Kim Jong-un baru-baru ini.

Di antara mereka yang dilaporkan hadir pada upacara itu adalah Perdana Menteri Kim Jae Ryong, mantan perdana menteri Pak Pong Ju, dan saudara perempuan Kim Jong-un, Kim Yo Jong. Baru-baru ini Kim Yo Jong menjadi fokus perhatian seiring dugaan bahwa dia akan mengambil kepemimpinan dari saudara lelakinya jika benar Kim Jong-un tiada.

Spekulasi tentang keberadaan Kim Jong-un meningkat sejak ketidakhadirannya yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam acara tahunan untuk merayakan ulang tahun Kim Il Sung, kakek Kim Jong-un sekaligus pendiri Korea Utara, pada 15 April lalu.

Para pejabat AS sempat mengklaim mereka diberi tahu jika Kim, 36, berada dalam kondisi kritis setelah menjalani prosedur operasi kardiovaskular. Seorang penasihat kebijakan luar negeri Korea Selatan kemudian mengatakan Kim Jong-un justru dalam kondisi sehat.

Meskipun media Korea Utara terus menerbitkan pesan ke pejabat tinggi dan formalitas lain yang melibatkan Kim, pemimpin itu sendiri belum muncul sejak laporan 12 April tentang kunjungannya ke unit militer.

Sehari sebelumnya, media pemerintah memperlihatkan video Kim yang menghadiri pertemuan Politbiro Partai Buruh Korea.

Episode ini telah memperbarui pertanyaan lama tentang stabilitas rezim yang dibangun Kim, yang tidak menyebut nama penggantinya hingga saat ini.

Jejak kesehatan Kim Jong-un telah menjadi perhatian umum selama bertahun-tahun. Sebaliknya, kondisi kesehatan pemimpin adalah salah satu rahasia Korea Utara yang paling dijaga ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper