Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Terawan Setujui PSBB Bandung Raya

Persetujuan penerpan PSBB Bandung Raya tertuang dalam surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomer HK.O 1.07l MtrNKES / 2s9 I 2O2O
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 17 April 2020  |  17:02 WIB
Menkes Terawan Setujui PSBB Bandung Raya
Wisman kunjungi Gedung Sate di Bandung. - JIBI/Rachman
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG — Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Bandung Raya.

Dari petikan surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomer HK.O 1.07l MtrNKES / 2s9 I 2O2O yang diperoleh Bisnis, Jumat (17/4/2020), Menkes Terawan mengatakan persetujuan penetapan PSBB di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang mempertimbangkan tingginya angka penyebaran Covid-19.

“Bahwa data yang ada menunjukkan telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus Corona Virus Disease 20 19 (COVID- 19) yang signifikan dan cepat serta diiringi dengan kejadian transmisi lokal di wilayah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat,” tulis Terawan dalam surat tersebut, seperti dikutip Bisnis, Jumat (17/4/2020).

Terawan dalam surat tersebut juga menyatakan bahwa berdasarkan hasil kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya, perlu dilaksanakan PSBB di wilayah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, guna menekan penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang,” katanya.

Persetujuan ini terbilang cepat mengingat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baru menyerahkan surat permohonan pada Kamis (16/4/2020).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, surat pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Bandung Raya.

Cakupan wilayah ini meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang, sudah dikirim ke Kementerian Kesehatan pada Kamis (16/4/2020).

"Hari ini, Kamis 16 April, surat pengajuan PSBB Bandung Raya sudah dikirim kepada Menteri Kesehatan," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Menurut Kang Emil, jika surat pengajuan disetujui oleh Menteri Kesehatan RI pada Sabtu (18/4/20), maka PSBB di Bandung Raya akan diterapkan pada Rabu (22/4/20). Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan kepala daerah se-Bandung Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandung raya bandung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top