Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lewati Protokol Kesehatan Ketat, 398 ABK WNI Pulang

Para ABK yang bekerja di kapal pesiar milik perusahaan Carnival Cruise Line dari Miami, Amerika Serikat telah melalui protokol kesehatan yang ketat.
Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19, Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar melakukan  pemeriksaan kesehatan terhadap ABK dan penumpang Kapal Pesiar MS Coral di zona karantina denga jarak 2 mil dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hari ini Rabu (11/3/2020). /Foto: KKP Makassar
Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19, Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ABK dan penumpang Kapal Pesiar MS Coral di zona karantina denga jarak 2 mil dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hari ini Rabu (11/3/2020). /Foto: KKP Makassar

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Luar Negeri memastikan anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia yang berasal dari 4 kapal pesiar telah melalui protokol kesehatan yang ketat sebelum tiba di Tanah Air.

Berdasarkan siaran pers Kementerian Luar Negeri, ABK WNI sebanyak 398 orang yang berasal dari Carnival Horizon (139 ABK), Carnival Paradise (46 ABK), Carnival Senfation (67 ABK), dan Carnival Sunrise (146 ABK) tiba di tanah air pada Senin 13 April 2020 pagi hari dengan menggunakan pesawat charter Evelop Airlines.

"Sejak dari proses keberangkatan hingga ketibaan, para ABK yang bekerja di kapal pesiar milik perusahaan Carnival Cruise Line dari Miami, Amerika Serikat telah melalui protokol kesehatan yang ketat," demikian tulis Kemlu pada Senin (13/4/2020).

Kemlu menambahkan, proses awal dilakukan sebelum berangkat dari Miami dan selanjutnya pada saat ketibaan di Bandara Soekarno-Hatta.

Saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah melaksanakan serangkaian pemeriksaan kesehatan bagi para ABK terdiri dari mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (health alert card), pemeriksaan suhu tubuh (thermo scanner/thermo gun), pemeriksaan oksigen dalam darah, dan wawancara singkat mengenai kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan.

Menjelang proses pemulangan, pemerintah melalui sejumlah perwakilan di Amerika Serikat terus menjalin komunikasi dengan para ABK untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Sebelum kepulangan, lanjut Kemlu, para ABK telah melalui proses karantina, tes kesehatan, dan tidak memiliki gejala-gejala yang menunjukan mereka terinfeksi COVID-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper