Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Rincian Kriteria Penetapan PSBB Dalam Permenkes

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan dalam aturan PSBB ada 5 kriteria yang harus terpenuhi dalam menetapkan PSBB di suatu wilayah.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 April 2020  |  22:57 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Peningkatan signifikan korban karena suatu penyakit tertentu menjadi kriteria pertama dalam menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di suatu wilayah.

Tidak berhenti sampai di situ, dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.9/2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) disebutkan lima kriteria yang harus terpenuhi dalam menetapkan PSBB di suatu wilayah.

Pertama, adalah jika suatu wilayah terjadi peningkatan signifikan kasus karena suatu penyakit tertentu. Lalu, dalam kurun waktu tertentu, penyebarannya terjadi cepat ke wilayah lainnya.

Kedua, yang dimaksud dengan kasus adalah pasien dalam pengawasan dan kasus konfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dengan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Ketiga, jumlah kasus cenderung meningkat dalam kurun waktu tertentu yang diketahui dari pengamatan kurva epidemiologi.

Jika mengacu pada kasus yang terjadi di Indonesia, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia melonjak tajam sejak diumumkan pertama kali pada 2 Maret 2020. Merujuk pada laman Covid19.go.id., pada Sabtu (4/4/2020) jumlah pasien positif Covid-19 telah mencapai 2.092 orang.

Keempat, dalam kurun waktu harian atau mingguan, penyebaran penyakit teramati mencapai banyak wilayah lainnya. Di Indonesia sendiri, hingga saat ini tercatat sudah menjangkiti masyarakat yang tersebar di 32 provinsi.

Kelima, penularan penyakit di suatu wilayah terjadi karena terjadinya transmisi lokal. Artinya, virus penyebab penyakit menyebar antarmanusia di wilayah yang sama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top