Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikatan Alumni Universitas Indonesia Salurkan Donasi Rp2,4 Miliar

Donasi itu terhimpun sejak akhir Maret hinga 2 April 2020 dan telah disalurkan untuk berbagai kebutuhan Tanggap Covid-19.
Iluni UI menyerahkan donasi hand sanitizer sebanyak 100 botol kepada Yayasan Masjid Al Ma'mur, Jumat (27/3/2020)/Dok.-Iluni UI.
Iluni UI menyerahkan donasi hand sanitizer sebanyak 100 botol kepada Yayasan Masjid Al Ma'mur, Jumat (27/3/2020)/Dok.-Iluni UI.

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) telah mengumpulkan donasi senilai Rp2,4 miliar untuk kegiatan tanggap virus corona atau Covid-19.

Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian menjelaskan total donasi itu terhimpun hingga 2 April 2020 dan telah disalurkan untuk berbagai kebutuhan Tanggap Covid-19. Donasi itu, jelasnya, dihimpun Iluni UI bersama dengan seluruh Iluni Fakultas dan Iluni Wilayah.

“Donasi telah kami salurkan untuk berbagai kebutuhan seperti pembuatan Kimi Hand-Care hand sanitizer, donasi konsumsi untuk RSUI dan RSCM dan asrama mahasiswa, serta pemberian disinfektan kepada warga Jakarta,” sebut Andre dalam keterangan resmi, Jumat (3/4/2020).

Andre merincikan 11.000 botol Kimi Hand-Care hand sanitizer berukuran 100 ml, 150 ml, dan 1 L telah dibagikan ke berbagai pihak di antaranya Rumah Sakit dan Puskesmas, Lembaga Masyarakat, rumah peribadatan, serta sekolah-sekolah.

Selain itu, sejak akhir Maret hingga 2 April, Iluni UI bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI telah menyalurkan donasi konsumsi sejumlah 1.570 kotak makan siang untuk RS UI, serta 300 kotak makan pagi, 750 kotak makan siang, dan 1.150 kotak makan malam untuk para mahasiswa penghuni asrama. Iluni UI juga membagikan 500 botol disinfektan untuk warga Depok.

Andre menjelaskan bahwa sinergi yang dilakukan Iluni UI bersama dengan Iluni Fakultas dan Wilayah bertujuan menyatukan potensi yang dimiliki dari berbagai rumpun keilmuan di universitas terbesar di Indonesia tersebut.

“Berkumpulnya semua potensi alumni bekerjasama dengan kampus dan didukung oleh pihak swasta dalam memberikan bantuan kepada kepada rumah sakit, mahasiswa, dan masyarakat, merupakan contoh yang membanggakan,” ujar Andre.

Iluni UI
Iluni UI

Relawan Iluni UI Tanggap Covid tengah menyiapkan cairan disinfektan ke dalam botol yang akan dibagikan kepada masyarakat Depok pada Kamis (2/4/2020)/Dok.-Iluni UI.

Tak hanya menyalurkan donasi, Andre mengatakan Iluni UI juga memberikan kontribusi lain dalam penanganan Covid-19 ini yakni mencakup ranah kebijakan pemerintah. “

Melalui diskusi Policy Center, Iluni UI akan membuat masukan kepada pemerintah terkait kebijakan, kesehatan, ekonomi, dan sosial,” kata Andre.

Lebih lanjut, Andre mengundang para alumni, masyarakat mandiri maupun perusahaan untuk menyalurkan donasinya melalui Iluni UI. “Kami butuh dukungannya, karena kegiatan Iluni UI Tanggap Covid-19 ini masih terus berlangsung, setidaknya sampai pemerintah mencabut masa tanggap darurat dan wabah Corona mereda,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper