Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyebab Para Kota Metropolitan Rentan Terhadap Virus Corona

Penduduk Jakarta, Jabar, dan Banten memiliki tingkat kesehatan yang rendah. Bahkan, di Banten dan Jabar masih banyak warganya yang tidak memiliki jaminan kesehatan.
Andya Dhyaksa
Andya Dhyaksa - Bisnis.com 03 April 2020  |  14:29 WIB
Massa yang tergabung dalam Aliansi Kebhinekaan mengikuti parade
Massa yang tergabung dalam Aliansi Kebhinekaan mengikuti parade "Kita Indonesia" di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/12/2016). - Antara/Yudhi Mahatma

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Newslab Katadata, tersebutlah tiga provinsi di Indonesia yang memiliki kerentanan dalam menghadapi wabah virus Corona (Covid-19). Tiga provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Banten.

Tiga provinsi ini memiliki data pasien positif paling banyak dibanding 31 provinsi lainnya. Secara berturut-turut, Jakarta memiliki pasien positif virus Corona sebanyak 897 orang, Jabar (223 pasien) dan Banten (164 pasien).

Sebenarnya, masuknya tiga provinsi tersebut sebagai daerah yang rentan terhadap wabah virus Corona bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, jika dilihat, posisi Jakarta adalah gerbang utama Indonesia dari luar negeri. Sedangkan Jabar dan Banten adalah provinsi penyangga dari Sang Gerbang tersebut.

Menurut Newslab Katadata, dari parameter 1 sampai 100, skor kerentanan untuk Jakarta berada di angka 47,1, Jabar (45,5), dan Banten (43,6). Skor ketiga provinsi ini jauh lebih tinggi daripada provinsi yang paling rentan berikutnya, yaitu Kepulauan Riau (35,6).

“Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19 ,”  kata Mulya Amri, Direktur Riset Katadata, dalam acara Press Briefing “Siapkah Daerah Menghadapi Pandemi: Peluncuran Indeks Kerentanan Provinsi terhadap Covid-19” di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Bukan hanya itu saja yang menjadi penyebab ketiganya rentan. Pun demikian dengan jumlah penduduknya. Kawasan ini menampung lebih 10% jumlah penduduk Indonesia dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per kilometer persegi. 

Sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat ekonomi dan bisnis, Jakarta memang menanggung beban besar, termasuk daerah penyangga di sekitarnya. Penggunaan transportasi yang padat juga berperan dalam cepatnya penyebaran Covid-19.

"Risiko kesehatan penduduk DKI Jakarta terlihat sangat rendah, bahkan terendah dibandingkan provinsi-provinsi lain," tulis Newslab Katadata.

Sedangkan untuk Banten, kerentanan terjadi karena provinsi ini memiliki sejumlah kota metropolitan yang menjadi penyangga Jakarta. Sebut saja Bintaro, Serpong, Kota Tangerang, Serang, dan banyak lagi.

"Tingginya risiko kesehatan penduduk Banten karena besarnya penduduk yang merokok, ditambah minimnya penduduk yang memiliki jaminan kesehatan," tulis Newslab Katadata.

Untuk Jabar, analisis Newslab Katadata, hampir sama dengan di Banten: besarnya penduduk yang merokok, ditambah minimnya penduduk yang memiliki jaminan kesehatan.

Namun ada lagi faktor penunjang lainnya. "Yaitu banyaknya jumlah penduduk dan kualitas udara yang tidak terlalu baik."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top