Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unair Surabaya Temukan Senyawa untuk Obat Corona, Diuji Coba Dulu 2 Bulan

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam dua bulan ke depan  akan melakukan uji coba pada hewan terhadap temuan lima senyawa yang diklaim bisa menjadi obat untuk pasien tertular Virus Corona atau Covid-19.
Universitas Airlangga/Istimewa
Universitas Airlangga/Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam dua bulan ke depan  akan melakukan uji coba pada hewan terhadap temuan lima senyawa yang diklaim bisa menjadi obat untuk pasien tertular Virus Corona atau Covid-19.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan saat ini temuan lima senyawa tersebut masih terus dalam penelitian tim peneliti Unair. Hanya saja, Nasih belum bisa menyebut apa saja detail nama senyawa itu.

"Tim kita kan telah mengidentifikasi dengan bioinformatik lalu ketemulah 5 senyawa itu yang punya hubungan kuat dengan virus. Setelah itu, kami masih harus mempublikasikan temuan senyawa itu melalui jurnal-jurnal ilmiah internasional untuk mendapatkan tanggapan atau sanggahan dari para ilmuan internasional," katanya kepada Bisnis, Kamis (2/4/2020).

Dia mengatakan bersamaan dengan pelaporan jurnal ilmiah internasional, Unair juga harus melakukan uji tantang yakni menghadapkan 5 senyawa tersebut dengan virus untuk melihat reaksinya.

"Kalau teruji benar dan sukses, baru kita bisa menyusun formulasinya. Dari sana kita bisa mulai menguji formulasi obat kepada hewan, bisa tikus atau variable lainnya untuk melihat reaksi kimianya. Kira-kira 2 bulan ke depan baru uji coba pada hewan," imbuhnya.

Nasih mengatakan temuan senyawa tersebut masih sangat awal. Menurutnya masih ada 4-5 tahapan panjang yang harus dilalui tim peneliti Unair.

"Setelah uji coba pada hewan, masih perlu diuji lagi pada manusia, itupun ada 2 uji klinik, lalu baru akan menjadi obat resmi," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper