Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Unair Surabaya Temukan Senyawa untuk Obat Corona, Diuji Coba Dulu 2 Bulan

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam dua bulan ke depan  akan melakukan uji coba pada hewan terhadap temuan lima senyawa yang diklaim bisa menjadi obat untuk pasien tertular Virus Corona atau Covid-19.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 02 April 2020  |  14:49 WIB
Universitas Airlangga - Istimewa
Universitas Airlangga - Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam dua bulan ke depan  akan melakukan uji coba pada hewan terhadap temuan lima senyawa yang diklaim bisa menjadi obat untuk pasien tertular Virus Corona atau Covid-19.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan saat ini temuan lima senyawa tersebut masih terus dalam penelitian tim peneliti Unair. Hanya saja, Nasih belum bisa menyebut apa saja detail nama senyawa itu.

"Tim kita kan telah mengidentifikasi dengan bioinformatik lalu ketemulah 5 senyawa itu yang punya hubungan kuat dengan virus. Setelah itu, kami masih harus mempublikasikan temuan senyawa itu melalui jurnal-jurnal ilmiah internasional untuk mendapatkan tanggapan atau sanggahan dari para ilmuan internasional," katanya kepada Bisnis, Kamis (2/4/2020).

Dia mengatakan bersamaan dengan pelaporan jurnal ilmiah internasional, Unair juga harus melakukan uji tantang yakni menghadapkan 5 senyawa tersebut dengan virus untuk melihat reaksinya.

"Kalau teruji benar dan sukses, baru kita bisa menyusun formulasinya. Dari sana kita bisa mulai menguji formulasi obat kepada hewan, bisa tikus atau variable lainnya untuk melihat reaksi kimianya. Kira-kira 2 bulan ke depan baru uji coba pada hewan," imbuhnya.

Nasih mengatakan temuan senyawa tersebut masih sangat awal. Menurutnya masih ada 4-5 tahapan panjang yang harus dilalui tim peneliti Unair.

"Setelah uji coba pada hewan, masih perlu diuji lagi pada manusia, itupun ada 2 uji klinik, lalu baru akan menjadi obat resmi," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 unair universitas airlangga
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top