Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Abbott Luncurkan Alat Tes Lima Menit untuk Mendeteksi Virus Corona

Tidak hanya cepat, alat tes ini memiliki berat yang mencapai 3,17 kilogram.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  06:38 WIB
Sel virus corona - istimewa
Sel virus corona - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Abbott Laboratories meluncurkan tes coronavirus yang dapat mengetahui apakah seseorang terinfeksi hanya dalam lima menit.

Tidak hanya memberikan hasil cepat, alat tes ini sangat kecil dan mudah dibawa sehingga dapat digunakan di hampir semua rumah sakit.

Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan Abbott Diagnostics John Frels menuturkan Abbott berencana untuk memasok 50.000 tes sehari mulai 1 April.

Alat tes molekuler ini dapat mencari fragmen genom coronavirus dengan cepat ketika mencapai pada tingkat tinggi. Sementara itu, Frels mengungkapkan pencarian menyeluruh yang mengesampingkan infeksi dapat memakan waktu hingga 13 menit, katanya.

Abbott telah menerima otorisasi penggunaan darurat dari Administrasi Makanan dan Obat AS sehingga alat tersebut dapat digunakan segera oleh laboratorium resmi dan rumah sakit.

"Ini benar-benar akan memberikan peluang luar biasa bagi perawat di garis depan, mereka yang harus mendiagnosis banyak infeksi," kata Frels.

Teknologi ini dibangun berdasarkan platform ID Now Abbott, alat tes yang paling umum saat ini tersedia di AS dengan lebih dari 18.000 unit tersebar di seluruh negeri.

Alat ini banyak digunakan untuk mendeteksi influenza, radang tenggorokan dan virus pernapasan, serta bakteri yang menyebabkan gejala seperti pilek.

Tes dimulai dengan mengambil cairan dari hidung atau belakang tenggorokan, kemudian mencampurnya dengan larutan kimia yang memecah virus dan melepaskan RNA-nya.

Kemudian, campuran dimasukkan ke dalam sistem ID Now, sebuah kotak kecil dengan berat hanya di bawah 3,17 kilogram yang memiliki teknologi untuk mengidentifikasi dan memperkuat urutan genom virus Corona dan mengabaikan kontaminasi dari virus lain.

Peralatan dapat dipasang hampir di mana saja, tetapi perusahaan bekerja dengan pelanggannya dan pemerintah untuk memastikan bahwa alat tersebut digunakan untuk melakukan pengujian dapat dikirim ke tempat yang paling dibutuhkan.

Abbott menargetkan alat ini dapat dimanfaatkan di ruang gawat darurat rumah sakit, klinik perawatan dan kantor dokter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alat kesehatan Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top