Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Terdampak Corona, Fitch Rating Pangkas Peringkat Inggris

Fitch Ratings juga memproyeksikan ekonomi Inggris akan terkoreksi sekitar 4 persen pada tahun ini dan 3 persen pada 2021
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  10:19 WIB
Salah satu supermarket di London, Inggris, yang mengalami kekosongan stok barang akibat panic buying - Bloomberg / Bryn Colton
Salah satu supermarket di London, Inggris, yang mengalami kekosongan stok barang akibat panic buying - Bloomberg / Bryn Colton

Bisnis.com, JAKARTA - Fitch Ratings memangkas peringkat utang Inggris karena industri keuangan yang melemah diserang oleh virus corona atau covid-19.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (28/3/2020), lembaga pemeringkat global tersebut juga menyebutkan ketidakpastian hubungan perdagangan dengan Uni Eropa pasca Brexit sebagai faktor penurunan rating Inggris dari AA menjadi AA-. Outlook yang diberikan pun negatif.

"Penurunan ini mencerminkan pelemahan yang signifikan dari kondisi sektor keuangan Inggris sebagai dampak dari wabah virus corona dan pelonggaran fiskal yang dikeluarkan sebelum skala krisis menjadi jelas," demikian pernyataan dari Fitch.

Fitch menambahkan pemangkasan peringkat ini juga menunjukkan potensi pelemahan ekonomi Inggris dalam waktu dekat, yang disebabkan oleh penyebaran virus corona dan ketidakpastian hubungan dagang dengan Uni Eropa.

Fitch pun memproyeksikan ekonomi Inggris akan terkoreksi sekitar 4 persen pada tahun ini dan 3 persen pada 2021, kendati masih ada faktor penekan risiko.

Inggris sedang bersiap menghadapi defisit anggaran senilai 55 miliar poundsterling atau US$68 miliar pada tahun fiskal yang mulai pada 1 April 2020. Saat ini, berdasarkan Bloomberg Economics, pinjaman Inggris bisa mencapai 160 miliar poundsterling atau lebih dari 7 persen produk domestik bruto dan didorong oleh kenaikan utang pemerintah.

Pergerakan dramatik terlihat dari biaya bantuan langsung pemerintah untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, penurunan pendapatan negara dari pajak, dan kenaikan belanja sosial seiring dengan pelemahan ekonomi.

Penurunan rating ini rilis sekitar tiga bulan setelah Fitch meningkatkan penilaian dari ekonomi Inggris setelah kemenangan Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris menghilangkan ketidakpastian langsung dari Brexit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings inggris Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top