Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Satgas Nemangkawi Tangkap 3 Orang Tersangka Pemasok Senpi ke KKB

Polri menangkap tiga orang tersangka pemasok senjata api ilegal jaringan Manado yang dijual ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua Barat dan Papua.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  19:55 WIB
Ilustrasi - Antara/Nova Wahyudi
Ilustrasi - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Polri menangkap tiga orang tersangka pemasok senjata api ilegal jaringan Manado yang dijual ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua Barat dan Papua.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengemukakan bahwa ketiga tersangka berinisial JI (26), FR (34) dan RIB (22) memiliki peran masing-masing dalam memasok senjata api ilegal untuk KKB di Papua dan Papua Barat.
 
Argo menjelaskan bahwa tersangka JI berperan sebagai perantara senjata api ilegal dari wilayah Filipina-Manado-Manokwari. Sementara tersangka FR berperan sebagai penjual senjata api ilegal dan RIB merupakan pembeli senjata api ilegal tersebut untuk kemudian dikirim ke KKB.
 
"Tiga orang tersangka inilah yang menjadi akses KKB untuk mendapatkan senjata api selama ini," tuturnya, Jumat (27/3).
 
Argo mengatakan bahwa Satgas Nemangkawi yang ditugaskan untuk memburu KKB di Papua Barat dan Papua sudah mengendus ada pihak secara sengaja mengirimkan senjata api ilegal kepada KKB untuk membuat onar di wilayahnya.
 
Tersangka yang diamankan terlebih dulu adalah JI yang ditangkap pada hari Jumat 20 Maret 2020 di Pelabuhan Manokwari, Papua. Kemudian dari JI, kasus tersebut dikembangkan lagi dan ditangkap tersangka FR pada 23 Maret 2020 di kediamannya di Kelurahan Bailang Lingk 3, Bunaken, Manado.
 
"Pada 23 Maret 2020 kami juga menangkap pelaku berinisial RIB beserta barang bukti," katanya.
 
Dari tangan ketiga pelaku tersebut, Tim Satgas Nemangkawi, kata Argo, mengamankan barang bukti berupa 1 pucuk senjata api US Carabin, 1 pucuk senjata api 38 SCP, 1 pucuk senjata api kaliber 45 Caspion, 1 pucuk senjata api Baby Uzi kaliber 9 milimeter dan 67 amunisi campuran.
 
Selain itu, barang bukti lain yang diamankan yaitu 1 pucuk senjata api jenis revolver hitam 6 silinder dan 1 butir amunisi kaliber 9 milimeter, 8 ponsel dan sejumlah buku tabungan.
 
"Kami tidak akan berhenti hanya pada tiga orang tersangka ini, kasus ini akan terus dikembangkan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkb
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top