Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aduh! Sekitar 20.000 Desa di Indonesia Masih Tertinggal

Pemerintah menargetkan dalam lima tahun ke depan tidak ada lagi desa yang tertinggal dan sangat tertinggal.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  18:18 WIB
Petugas memanggul kotak suara melewati sungai menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) terpencil di Dusun Nampu, Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang, Jawa Timur, Selasa (16/4/2019). - ANTARA/Syaiful Arif
Petugas memanggul kotak suara melewati sungai menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) terpencil di Dusun Nampu, Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang, Jawa Timur, Selasa (16/4/2019). - ANTARA/Syaiful Arif

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencatat masih ada sekitar 20.000 desa yang masih kategori tertinggal dari sekitar 74.000 desa di Indonesia.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan dari jumlah tersebut dapat disimpulkan kurang lebih 24 persen desa di Indonesia yang masuk kategori desa tertinggal.

"Kami bakal kerja keras untuk entaskan itu," kata Budi dalam keterangan resminya, Jumat (20/3/2020).

Budi menyebut provinsi yang masuk kategori dengan kualitas desa terbaik, yaitu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa-desa yang berada di wilayah itu maju dan mandiri.

Namun, desa yang masuk kategori mandiri dan maju hanya sedikit jika dibandingkan dengan desa berkembang. Hal ini masih jadi perhatian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dia mengaku kaget dengan fakta yang ditemukannya saat berkunjung ke Bogor, pasalnya, sejumlah desa masih masuk kategori tertinggal padahal infrastruktur sudah lengkap, jaringan internet dan jalan sudah ada.

Saat dicek lebih jauh, ternyata masih ada sejumlah indikator yang harus dipenuhi untuk bisa dikategorikan maju dan mandiri.

"Saya cek ada 52 indikator seperti ekonomi, ekologi, ketahanan masyarakat dan lain-lain," katanya.

Dia mengatakan target Presiden Joko Widodo terhitung cukup tegas, yaitu selama lima tahun ke depan tidak ada lagi desa yang tertinggal dan sangat tertinggal.

"Kami akan bekerja keras karena janji Presiden akan terus berupaya untuk meningkatkan dana desa dan alokasikan sekitar Rp400 triliun hingga lima tahun ke depan,"katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

desa desa tertinggal Kemendes-Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top