Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Redam Penyebaran Corona, Rutan Temanggung Sediakan Video Call bagi Tahanan

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Temanggung menyediakan video call gratis bagi warga binaan yang akan berkomunikasi dengan keluarganya.
Dua warga binaan Rutan Temanggung melakukan video call dengan keluarganya./Antara-Heru Suyitno
Dua warga binaan Rutan Temanggung melakukan video call dengan keluarganya./Antara-Heru Suyitno

Bisnis.com, TEMANGGUNG - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Temanggung menyediakan video call gratis bagi warga binaan yang akan berkomunikasi dengan keluarganya, kata Kepala Rutan Temanggung Tri Wahyu Santosa.

"Pemberlakuan kunjungan daring melalui video call terhadap warga binaan ini dilakukan sesuai dengan surat edaran dari Presiden, Gubernur dan Bupati Temanggung terkait dengan pencegahan virus Corona (COVID-19)," katanya di Temanggung, Rabu (18/3/2020) seperti dilaporkan Antara.

Ia menyampaikan sejak tanggal 17 hingga 31 Maret 2020 pihaknya menutup sementara akses kunjungan bagi keluarga warga binaan.

Oleh karena itu, rutan menyiapkan fasilitas video call bagi warga binaan yang ingin berkomunikasi dengan keluarga ataupun kerabatnya.

"Fasilitas video call ini gratis bagi semua warga binaan," ucapnya.

Menurut dia langkah ini dilakukan agar hak-hak warga binaan masih bisa dipenuhi di tengah ancaman penyebaran virus Corona. Kebijakan ini akan diterapkan selama pemerintah memberlakukan masa tanggap darurat COVID-19.

Ia mengatakan pihaknya memfasilitasi video call ini dengan dua unit komputer. Setiap warga binaan mendapatkan jatah waktu selama 10 menit untuk melakukan video call dengan keluarganya. Jam besuk atau jam untuk melakukan video call pada pukul 09.00 - 12.00 WIB.

"Dengan durasi waktu 10 menit per warga binaan, maka setiap hari ada 30 warga binaan yang bisa melakukan video call. Dengan jumlah warga binaan sekitar 150 orang, maka dalam tiga hari semua warga binaan sudah bisa melakukan video call," tuturnya.

Ia mengatakan dalam waku dekat pihaknya akan mengaktifkan dua komputer lagi untuk fasilitas video call, dengan bertambahnya fasilitas ini akan menambah durasi waktu saat melakukan video call dengan keluarga mereka.

Menurut dia saat ini ada pembatasan bezuk dan dialihkan dengan mengunakan video call, namun pihak kelurga tetap bisa mengirimkan makanan atau kebutuhan lainnya kepada warga binaan.

"Makanan tetap bisa dikirim, tapi tidak bisa bertemu langsung dengan warga binaan kami. Makanan atau kebutuhan lainnya yang dikirim tetap kami periksa sesuai dengan protap yang berlaku," ujarnya.

Ia mengatakan semula fasilitas video call ini untuk mempermudah warga binaan yang dari luar kota untuk bertemu dengan keluarganya, namun seiring dengan berkembangnya virus Corona ini fasilitas ini dimanfaatkan untuk semua warga binaan.

Salah satu warga binaan Johan Istanto menyampaikan fasilitas video call yang disediakan oleh pihak rutan sangat membantu mengatasi rasa rindu bertemu dengan keluarga.

Bahkan dengan fasilitas tersebut, katanya, dirinya bisa bertatap muka melalui video call dengan semua keluarga yang berada di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper