Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Undip Tunda Wisuda dan Liburkan Kuliah karena Virus Corona

Keputusan tersebut diambil Undip guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, yang saat ini telah merambah di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng).
Imam Yuda Saputra
Imam Yuda Saputra - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  08:56 WIB
Universitas Diponegoro - Istimewa
Universitas Diponegoro - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memutuskan menghentikan kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik di lingkungan kampus tersebut untuk sementara waktu.

Keputusan tersebut diambil Undip guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, yang saat ini telah merambah di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Sub Bagian (Kassubag) Tata Usaha (TU) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas dan Media, Utami Setyowati, mengatakan keputusan menghentikan kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik itu sesua dengan Surat Edaran (SE) Rektor Undip No.20/UN7.P/SE/2020.

 “Dengan ditetapkannya penyebaran virus Covid-19 [virus corona] sebagai bencana nasional oleh BNPB, maka dalam upaya pencegahan penyebaran virus tersebut, Undip menunda pelaksanaan perkuliahan mulai 16-21 Maret 2020. Pada tanggal itu mahasiswa tidak perlu hadir di kampus,” jelas Utami dalam keterangan resmi.

Setelah 21 Maret, kegiatan perkuliahan akan kembali digelar. Meski demikian, kegiatan perkuliahan maupun bimbingan mahasiswa dilaksanakan dengan menggunakan pola dalam jaringan (daring) atau online.

Tanpa Batas Waktu

“Pelaksanaan kegiatan perkuliahan dan asistensi secara daring ini dilakukan hingga akhir semester I atau dalam batas waktu tertentu dengan memperhatikan kondisi yang ada,” tulis Utami.

Sementara itu, untuk kegiatan perkuliahan yang digelar dengan menggunakan metode praktik tetap dilakukan dengan mengacu pada tatap muka secara langsung.

Namun, jika pelaksanaan perkuliahan praktik tak dapat dihindari, maka pihak kampus wajib melakukan mitigasi pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Selain meliburkan sementara kegiatan perkuliahan, Undip Semarang juga akan menunda prosesi wisuda semester I. Sebagai gantinya, ijazah, transkip nilai, maupun sertifikat Cumlaude mahasiswa bisa diambil secara langsung pada waktu yang akan ditentukan.

“Undip juga akan membatalkan seluruh kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa baik di area kampus maupun di luar kampus,” imbuhnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

undip Virus Corona

Sumber : Solopos.com

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top