Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada 99 Titik Panas di Sumatra, hampir Separuh Berlokasi di Riau

Ada 99 titik panas itu tersebar sebanyak 46 hotspot di Riau, 16 hotspot di Sumatera Selatan, 12 hotspot di Bangka Belitung, 10 hotspot di Aceh, 9 hotspot di Jambi, 6 hotspot di Kepulauan Riau, 4 hotspot di Bengkulu, dan 2 hotspot di Sumatera Barat.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  10:19 WIB
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Aswaddy Hamid
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi terdapat 99 titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera hingga Senin (16/3/2020) pukul 06.00 WIB.

Putri Santy Siregar, Prakirawan BMKG Pekanbaru, mengatakan 99 titik panas itu tersebar sebanyak 46 hotspot di Riau, 16 hotspot di Sumatera Selatan, 12 hotspot di Bangka Belitung, 10 hotspot di Aceh, 9 hotspot di Jambi, 6 hotspot di Kepulauan Riau, 4 hotspot di Bengkulu, dan 2 hotspot di Sumatera Barat.

“Provinsi Riau yang terbanyak titik panasnya pada Senin pagi ini mencapai 46 titik panas. Namun ini menurun dibandingkan dengan pagi kemarin," kata Putri melalui siaran resmi, Senin (16/3/2020).

Lebih rinci, Putri menunjukkan bahwa terdapat 17 ttik panas di Kab. Kepulauan Meranti, 11 titik panas di Kab. Bengkalis, 9 titik panas di Kota Dumai, 6 titik panas di Kab. Indragiri Hilir, dan 3 titik panas di Kab. Pelalawan.

Adapun titik panas yang memiliki level confidence di atas 70% atau yang merupakan titik api hanya berada di 5 titik yaitu 2 titik api di Indragiri Hilir dan masing-masing satu titik api di Kepulauan Meranti, Bengkalis, dan Dumai.

“Dumai, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis masing-masing satu titik berada di level confidence 90%—100%,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger telah melepas Tim Satgas Karhutla Provinsi Riau yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas LHK ke Dumai pada akhir pekan alu.

“Dengan penambahan pasukan diharapkan titik api di Kota Dumai dapat segera padam, mengingat pantauan satelit BMKG ada 26 titik panas terddeteksi pada hari ini [Jumat] dan terbanyak di Dumai,” kata Edwar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebakaran hutan kebakaran hutan riau
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top