Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Kicau Langkah Tangkal Corona, Nitizen Reaksi Begini

Langkah sederhana pencegahan virus corona diyakini dapat menghambat penyebaran wabah di tengah masyarakat.
Presiden Joko Widodo/Facebook resmi Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo/Facebook resmi Presiden Joko Widodo

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah pernyataan lewat twitter agar masyarakat mengambil langkah sederhana untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 26 detik itu, disebutkan langkah sederhana yang dibutuhkan yakni mencuci tangan, hindari menyentuh wajah, memelihara kebersihan lingkungan, menghindari aktivitas dalam keramaian, menjaga jarak dalam berinteraksi serta menjaga pola hidup sehat. Langkah pencegahan ini diyakini mencegah penyebaran virus corona.

“Tindakan preventif yang kita lakukan secara individual tidak hanya melindungi diri kita namun juga orang terdekat dan orang lain yang lebih rentan dalam lingkungan kita,” ulas video yang diunggah, Minggu (15/3/2020).

Menyikapi unggahan Presiden Joko Widodo terkait wabah virus corona itu, reaksi beragam ditunjukan oleh warga maya. Dalam 3 jam tweet yang diunggah pukul 9.06 WIB itu mendapat 3.307 retweet, 1.103 tanggapan, dan 9.698 suka. Beragam reaksi disampaikan publik.

Akun atas nama Yunita (@nitarose38) membalas pernyataan ini dengan menyebutkan dirinya meningkatkan konsumsi jamu.

“Ahsyiiaaapp, sehari saya minum jamu 3 kali pak, dan seminggu 3 kali minum susu kuda liar,” ulasnya.

Selain itu warga menanyakan apakah Jokowi telah melakukan tes mengingat dirinya juga teah melakukan kontak dengan pasien 75 yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

“Bapak sendiri udah cek kesehatan? Mengingat 11 maret lalu bpk ada kegiatan Ratas dg Pak Budi yg mana beliau positif Covid-19 di tgl 14 maret, artinya beliau 11 maret sdh terpapar covid-19. Baiknya bapak periksa kesehatan+isolasi diri. Di foto saat Ratas pak Budipun tampak sehat,” ulas @musadad5120.

Sementara pengguna twitter lainnya meminta pemerintah melakukan tindakan nyata dengan menggratiskan biaya pengobatan dan pemeriksaan.

“Ini tindakan preventif secara pribadi pak, kami butuh tindakan nyata dr pemerintah pak, minimal gratiskan dulu biaya pemeriksaan untuk mengecek status corona per individu. Itu dulu aja Pak minimal, jadi peran pemerintah sangat terasa o/ rakyat disituasi seperti ini. makasih Pak,” ulas @Ibnoenugraha.

Terdapat juga akun yang meminta instruksi dijelaskan secara tertulis.

“Bikin pernyataan publik yg jelas, Pak. Tanggapi situasi terbaru, apa yg harus dilakukan. Tertulis tertulis tertulis,” kicau @darmantompul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Sumber : https://twitter.com/jokowi/status/1239010051127271424

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper