Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RSUP Persahabatan Rawat 16 PDP, 5 Pasien Positif Corona

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menyebutkan hingga Jumat (13/3/2020) total ada 16 pasien terinfeksi virus Corona yang dirawat di rumah sakit tersebut.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 13 Maret 2020  |  18:07 WIB
Ilustrasi-Petugas medis berada di dalam ruangan infeksius Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/3/2020). Pihak RSUP Adam Malik mengumumkan empat warga yang dirawat rumah sakit itu terkait dugaan COVID-19 dinyatakan negatif dan tiga orang diantaranya sudah dipulangkan. - ANTARA/Septianda Perdana
Ilustrasi-Petugas medis berada di dalam ruangan infeksius Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/3/2020). Pihak RSUP Adam Malik mengumumkan empat warga yang dirawat rumah sakit itu terkait dugaan COVID-19 dinyatakan negatif dan tiga orang diantaranya sudah dipulangkan. - ANTARA/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menyebutkan hingga Jumat (13/3/2020) total ada 16 pasien terinfeksi virus Corona yang dirawat di rumah sakit tersebut.

“Lima pasien sudah didiagnosis positif Covid-19, sementara yang lain masih dengan status pasien dalam pengawasan (PDP),” tutur Erlina Burhan, Dokter Spesialis Paru sekaligus juru bicara RSUP Persahabatan, kepada wartawan.

Kendati demikian, Erlina menerangkan pihaknya bakal memulangkan dua pasien yang bukan positif Covid-19.

“PDP yang dua negatif berdasar pemeriksaan laboratorium sehingga kita akan keluarkan dari ruang isolasi,” kata Erlina.

Ihwal pasien yang bakal dipulangkan, Erlina mengatakan sebagian besar pasien meminta untuk dipindahkan ke rumah sakit terdekat dengan rumah mereka. Menurut Erlina sejumlah pasien dalam pengawasan yang dirawat di ruang isolasi mengalami masalah psikologis tersendiri.

“Coba bayangkan mereka dirawat di ruang isolasi yang tidak bisa ditunggu, dijenguk oleh keluarga dan semua datang dengan baju astronot (alat pelindung diri),” ujar Erlina.

Sebelumnya, salah seorang pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dilaporkan kabur sekitar satu Minggu yang lalu. Saat ini pihak RSUP Persahabatan tengah mencari keberadaan pasien tersebut.

Erlina menjelaskan bahwa ruang isolasi di RSUP Persahabatan memang tidak seperti penjara yang selalu digembok. “Ada pintu keluar dan masuknya,” terang Erlina.

Saat petugas lengah, menurut Erlin, pasien tersebut langsung kabur dan tampaknya sudah ditunggu pihak keluarga.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Jakarta, lanjut Erlina, pasien tersebut positif Covid-19.

Sementara itu, pasien positif terpapar virus Corona (Covid-19) di Indonesia hingga Jumat sore mencapai 69 kasus.

Angka ini meningkat dari angka sebelumnya, pada Rabu (11/3/2020) sebanyak 34 kasus, meningkat 7 kasus dari data Selasa (10/3/2020).

Pertumbuhan penyebaran Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah berupaya menggenjot upaya pelacakan atau tracing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona RSUP Persahabatan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top