Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selesai Umrah, Ribuan Jemaah Kembali ke Tanah Air

Jemaah umrah kembali ke Indonesia secara bertahap dan terbagi ke dalam 10 penerbangan.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  20:53 WIB
Calon Jamaah Umrah meninggalkan bandara setelah mendapat kepastian gagal berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Calon Jamaah Umrah meninggalkan bandara setelah mendapat kepastian gagal berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Jemaah asal Indonesia yang sudah menyelesaikan seluruh rangkaian perjalanan dan ibadah umrahnya sejak Jumat kemarin (28/2/2020) secara bertahap kembali ke Tanah Air.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan bahwa proses kepulangan sejauh ini berjalan lancar.  

"Sampai hari ini pukul 14.00 Waktu Arab Saudi, sementara tercatat ada 2.698 jemaah umrah Indonesia yang kembali ke Tanah Air. Data ini akan terus bertambah seiring dengan jadwal kepulangan yang sudah ditentukan," ujar Endang seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis pada laman resmi Kementerian Agama, Sabtu (29/2/2020). 

Menurut Endang, jemaah umrah yang kembali ke Indonesia terbagi dalam 10 penerbangan. Dari total tersebut, sembilan penerbangan berangkat pada hari Jumat, sedangkan satu penerbangan berangka hari ini. 

Dia menyatakan bahwa sebagian besar jemaah umrah yang berangkat sudah tiba di Tanah Air.

"Nanti malam, akan ada dua penerbangan lagi yaitu dengan Oman Air dari Jeddah menuju Cengkareng, pukul 19.45 Waktu Arab Saudi dengan jumlah 132 jemaah," jelasnya.

Adapun, satu penerbangan lagi dengan Turkish Air yang berangkat dari Jeddah ke Cengkareng pukul 20.20 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 00.20 WIB dengan membawa 42 jemaah umrah asal Indonesia.

Endang Jumali menambahkan bahwa Tim KJRI Jeddah sejak kemarin terus berupaya memfasilitasi proses kepulangan WNI jemaah umrah yang dijadwalkan kembali ke Tanah Air dalam waktu dekat setelah menyelesaikan ibadah umrah.

"Tim KJRI Jeddah menyisir semua counter maskapai penerbangan untuk mengetahui WNI yang melakukan check in atau berangkat melalui Bandara Jeddah, baik Terminal Haji, Saudi, maupun terminal internasional, serta melalui Bandara Madinah," jelasnya.

Endang mengungkapkan bahwa jemaah-jemaah yang kembali ke Tanah Air adalah yang telah berada di Arab Saudi sebelum pemberlakuan kebijakan penutupan sementara akses masuk wilayah Arab Saudi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi umrah kementerian agama Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top