Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank of England: Ketidakpastian Ekonomi Brexit Segera Berakhir

Kepala Ekonom Bank of England (BOE) Andy Haldane menyatakan bahwa sebagian besar ketidakpastian Brexit yang telah membayangi ekonomi Inggris telah terangkat.
Bank of England/e-architect.co.uk
Bank of England/e-architect.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Ekonom Bank of England (BOE) Andy Haldane menyatakan bahwa sebagian besar ketidakpastian Brexit yang telah membayangi ekonomi Inggris telah terangkat. Meskipun begitu, masih terlalu dini untuk mengatakan investasi bisnis telah sepenuhnya pulih.

"Sebagian besar, jika tidak semua dari ketidakpastian telah hilang," kata Haldane seperti dilansir Bloomberg, Selasa (25/2/2020).

Haldane menambahkan, terangkatnya sebagian besar ketidakpastian itu berkontribusi pada investasi yang mulai bergairah.

Survei terbaru tentang manufaktur, perumahan dan konsumen telah membaik, menunjukkan ekonomi mulai bangkit kembali setelah setahun ketidakpastian politik mengenai Brexit.

Bank of England (BOE) membiarkan suku bunga tidak berubah bulan lalu. Bloomberg Economics memperkirakan bahwa BOE tidak akan mengubah suku bunga acuannya sama sekali tahun ini dan mempertahankannya pada angka 0,75 persen.

Namun, bukan berarti Brexit sama sekali meniadakan risiko. Sementara Inggris berhasil menyetujui kesepakatan penarikan dari Uni Eropa, negara itu masih harus menegosiasikan hubungan perdagangan baru sampai akhir tahun ini.

Wabah virus Corona juga dapat membebani pertumbuhan global yang juga berdampak pada ekonomi Inggris.

Haldane mengatakan secara global, ekonomi telah tumbuh lebih kuat sejak krisis keuangan lebih dari satu dekade lalu. Neraca bank berada dalam kondisi yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper