Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Apresiasi Reformasi Hukum di Tubuh MA

Jokowi mengatakan bahwa tantangan Mahkamah Agung berat dan tidak mudah. Dia menitipkan pesan agar lembaga peradilan harus mampu menjadi teman bagi para keluarga kurang mampu untuk memperjuangkan keadilan
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua Mahkamah Agung (MA)  Muhammad Hatta Ali memberi keterangan kepada media usai menghadiri Laporan Tahunan Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (26/2/2020). JIBI/Bisnis-Muhammad Khadafi
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali memberi keterangan kepada media usai menghadiri Laporan Tahunan Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (26/2/2020). JIBI/Bisnis-Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi reformasi hukum yang dilakukan Ketua Mahkamah Agung MA) Muhammad Hatta Ali. Hal ini telah menurunkan 20.275 perkara mangkrak menjadi 219 per 2019.

"Ini adalah jumlah terendah sepanjang sejarah berdirinya Mahkamah Agung," kata Jokowi dalam sambutan Laporan Tahunan Mahkamah Agung di Jakarta, Rabu (25/2/2020).

Jokowi mengatakan bahwa tantangan Mahkamah Agung berat dan tidak mudah. Dia menitipkan pesan agar lembaga peradilan harus mampu menjadi teman bagi para keluarga kurang mampu untuk memperjuangkan keadilan. MA pada saat yang sama juga harus memberikan keputusan seadil mungkin di tengah kepentingan pihak yang berperkara.

Menurut Jokowi dalam menghadapi itu semua, kuncinya adalah kecepatan, transparan, dan menyederhanakan proses.

"Kami sangat menghargai upaya MA untuk mewujudkan peradilan yang sederhana yang cepat dan yang berbiaya ringan ada e-court, ada e-summons, ada e-filling, ada e-litigation," kata Jokowi.

Selain itu, dalam jangka panjang Jokowi berharap MA dapat meningkatkan kualitas putusan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia calon hakim. MA perlu mencari strategi untuk menarik lulusan hukum terbaik menjadi calon hakim di tengah ragam profesi saat ini.

Pasalnya, kredibilitas sistem peradilan akan berjalan lurus dengan kredibilitas seorang hakim. Para pemutus perkara yang baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan.

Adapun tema besar Laporan Tahunan Mahkamah Agung tahun ini adalah modernisasi peradilan. Presiden Jokowi hadir bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper