Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indonesia Masih Bebas Virus Corona

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan bahwa sejauh ini Kementerian Kesehatan telah memeriksa 38 spesimen atau 38 orang dari 26 rumah sakit di seluruh Indonesia.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  13:18 WIB
Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (4/2/2020). Kesadaran masyarakat menggunakan masker tersebut untuk mengantisipasi tertular virus Corona, dikarenakan Batam dan Natuna menjadi lokasi transit dan observasi bagi 238 orang WNI dari Wuhan, Hubei, China.  - Antara
Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (4/2/2020). Kesadaran masyarakat menggunakan masker tersebut untuk mengantisipasi tertular virus Corona, dikarenakan Batam dan Natuna menjadi lokasi transit dan observasi bagi 238 orang WNI dari Wuhan, Hubei, China. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan memastikan hingga Selasa (4/2/2020), belum ditemukan kasus virus novel corona terkonfirmasi atau masih negatif. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan bahwa sejauh ini Kementerian Kesehatan telah memeriksa 38 spesimen atau 38 orang dari 26 rumah sakit di seluruh Indonesia.

"Informasi berkaitan orang dengan pemantauan dan orang-orang dalam pengawasan terus kami kumpulkan dari berbagai daerah.  Dari spesimen yang kami terima sampai saat ini jumlahnya 38.  Hasilnya alhamdulillah semuanya negatif," ujar Anung melalui sambungan telepon langsung dari Natuna, Selasa (4/2/2020).

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 3 Februari 2020, sebanyak 17.391 orang telah terkonfirmasi terjangkit virus corona dengan 2.831 kasus baru.  Sebanyak 361 orang meninggal dunia. Hampir seluruh pasien dan korban jiwa berasal dari China.

Sementara itu, 153 kasus juga dilaporkan di 23 negara lainnya.  Sejumlah negara Asia Tenggara telah melaporkan kasus terkonfirmasi, antara lain di Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Filipina.  Filipina menjadi satu negara di luar China yang pertama melaporkan korban jiwa akibat virus novel corona atau virus corona.

Melihat perkembangan situasi tersebut, Anung menekankan bahwa Kementerian Kesehatan akan terus meningkatkan kewaspadaan.

"Kita lihat peningkatan yang sifatnya eksponensial.  Ini yang harus kita waspadai dengan tidak mengendurkan kewaspadaan kita, tentunya dengan upaya-upaya terukur yang tidak menimbulkan kepanikan dan tentunya harus dengan protokol kesehatan yang disiplin," kata Anung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes virus corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top