Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WHO: Penyebaran Virus Corona Kian Mengkhawatirkan, 132 Orang Meninggal

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji upaya China dalam mengatasi wabah virus Corona, tetapi menyuarakan "keprihatinan serius" tentang penyebaran dari orang-ke-orang di tiga negara.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  06:38 WIB
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers setelah pertemuan Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (IHR) untuk Pneumonia karena Novel Coronavirus 2019-nCoV di Jenewa, Swiss, 22 Januari, 2020. - Reuters
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers setelah pertemuan Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (IHR) untuk Pneumonia karena Novel Coronavirus 2019-nCoV di Jenewa, Swiss, 22 Januari, 2020. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji upaya China dalam mengatasi wabah virus Corona, tetapi menyuarakan "keprihatinan serius" tentang penyebaran dari orang-ke-orang di tiga negara lain yang membuat organisasi itu menggelar rapat darurat.

WHO memperingatkan semua pemerintah untuk "mengambil tindakan" atas virus mematikan seperti SARS yang menyebar dari China setelah ratusan orang asing dievakuasi dari pusat penyebaran.

Sejauh ini, virus Corona baru telah merenggut 132 nyawa di China dan menginfeksi lebih dari 6.000 orang di negara itu dan di tempat lain. Kasus-kasus baru dilaporkan di Finlandia dan Uni Emirat Arab.

WHO menyerukan pertemuan darurat untuk hari Kamis (30/1/2020), mengenai apakah epidemi virus harus dinyatakan sebagai darurat kesehatan global sehingga diperlukan koordinasi internasional.

Dua kali pertemuan WHO sebelumnya belum memutuskan kondisi darurat kesehatan global dengan alasan perlunya lebih banyak informasi dan bukti, tetapi virus telah menyebar dengan cepat dan sekarang telah terdeteksi di 15 negara lain.

"Meningkatnya jumlah kasus dan bukti penularan dari manusia ke manusia di luar China tentu saja sangat memprihatinkan. Meskipun jumlah di luar China masih relatif kecil, mereka memiliki potensi wabah yang jauh lebih besar," kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Kamis (30/1/2020).

"Dalam beberapa hari terakhir kemajuan virus terutama di beberapa negara, terutama penularan dari manusia ke manusia membuat kita khawatir di Jerman, Vietnam dan Jepang," kata Tedros pada konferensi pers usai melakukan kunjungan ke China.

Sementara itu, maskapai penerbangan di seluruh dunia menangguhkan atau mengurangi layanan penerbangan masuk dan keluar dari China.

Di dunia olahraga, Kejuaraan Atletik Indoor Dunia yang ditetapkan untuk bulan Maret di Nanjing telah dimundurkan ke tahun 2021, sedangkan kejuaraan ski Piala Dunia telah dibatalkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

who virus corona
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top