Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sambangi Mahkamah Agung, Pimpinan KY Rajut Sinergitas

Komisi Yudisial mengharapkan peningkatan sinergi dengan Mahkamah Agung untuk meningkatkan marwah hakim.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 22 Januari 2020  |  00:40 WIB
Sambangi Mahkamah Agung, Pimpinan KY Rajut Sinergitas
Kantor Komisi Yudisial - setkab.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Yudisial mengharapkan peningkatan sinergi dengan Mahkamah Agung untuk meningkatkan marwah hakim.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial (KY) Tubagus Rismunandar Ruhijat kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Non Yudisial Sunarto ketika melakukan kunjungan kerja ke Mahkamah Agung, Jakarta.

"Di tahun ini agar KY dan MA dapat meningkatkan kerja sama dalam seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc di MA, peningkatan kapasitas hakim, dan pengawasan terhadap pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim," katanya dalam pernyataan resmi pada Selasa (21/1/2020).

Dalam pertemuan ini, KY berkomitmen untuk menghasilkan calon hakim agung dan calon hakim ad hoc di MA yang berkapasitas dan berintergritas. Upaya ini ditunjukan melalui proses seleksi berlapis dan ketat.

"Para calon menjalani serangkaian tahapan hingga akhirnya dinyatakan layak untuk diajukan ke DPR untuk dimintakan persetujuan,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Rismunandar mengharapkan dilakukan peningkatan komunikasi antar kedua lembaga melalui pertemuan rutin.

Sementara itu, Sunarto mengatakan MA akan mempertimbangkan saran yang diberikan KY. Kedua lembaga mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk terwujudnya peradilan yang bersih.

"MA akan terus bekerjasama dengan KY. Kami juga berharap agar silaturahmi tetap terjaga dengan diadakannya pertemuan rutin KY dan MA agar terhidar dari gesekan-gesekan yang tidak diharapkan,"ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komisi yudisial
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top