Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penguasa Oman, Sultan Qaboos bin Said Al Said Meninggal Dunia

Sultan Qaboos yang berkuasa di Oman selama hampir 50 tahun meninggal dunia dalam usia 79 tahun..  Rekor kekuasaannya menempatkan Sultan Qaboos sebagai penguasa terlama di dunia Arab. 
Sultan Oman Qaboos bin Said al-Said saat berada di Istana Beit Al Baraka di Muscat, Oman, 14 Januari 2019./Andrew Caballero-Reynolds-Pool via REUTERS
Sultan Oman Qaboos bin Said al-Said saat berada di Istana Beit Al Baraka di Muscat, Oman, 14 Januari 2019./Andrew Caballero-Reynolds-Pool via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Sultan Qaboos bin Said yang berkuasa di Oman selama hampir 50 tahun meninggal dunia dalam usia 79 tahun..  Rekor kekuasaannya menempatkan Sultan Qaboos sebagai penguasa terlama di dunia Arab. 

"Dengan kesedihan yang mendalam ...Mahkamah Agung Kerajaan berkabung untuk Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said, yang meninggal pada hari Jumat," demikian pengumuman duka cita disampaikan pihak Mahkamah.

Bulan lalu Sultan Qaboos baru kembali ke rumah setelah menjalani pemeriksaan medis dan perawatan di Belgia. Ada laporan dia menderita kanker.

Sultan Qaboos tidak menikah dan tidak memiliki pewaris atau penerus yang ditunjuk. Tiga hari berkabung nasional pun diumumkan.

Menurut Statuta Dasar kesultanan, Dewan Keluarga Kerajaan - yang terdiri dari sekitar 50 anggota laki-laki - harus memilih sultan baru dalam waktu tiga hari sejak tahta kosong.

Jika keluarga tidak bisa setuju, anggota dewan pertahanan dan ketua Mahkamah Agung, Dewan Konsultasi dan Dewan Negara akan membuka amplop tertutup di mana Sultan Qaboos diam-diam mencatat pilihannya dan menobatkan orang yang dipilihnya.

Para kandidat pengganti dilaporkan termasuk tiga saudara lelaki yang merupakan sepupu almarhum Sultan. Mereka adalah Menteri Kebudayaan Haitham bin Tariq Al Said, Wakil Perdana Menteri Asaad bin Tariq Al Said, dan Shihab bin Tariq Al Said, mantan komandan Angkatan Laut Oman yang merupakan penasihat kerajaan.

Sultan adalah pengambil keputusan terpenting di Oman juga memegang posisi perdana menteri, komandan tertinggi angkatan bersenjata, menteri pertahanan, menteri keuangan dan menteri luar negeri.

Kebijakan Sultan Qaboos

Selama hampir lima dekade, Sultan Qaboos sepenuhnya mendominasi kehidupan politik Oman, yang merupakan rumah bagi 4,6 juta orang, di antaranya sekitar 43 persen adalah ekspatriat.

Pada usia 29 ia menggulingkan ayahnya, Said bin Taimur, seorang penguasa yang tertutup dan ultra-konservatif. Ayahnya dulu melarang berbagai hal, termasuk mendengarkan radio atau memakai kacamata hitam, dan memutuskan siapa yang bisa menikah, dididik atau meninggalkan negara.

Sultan Qaboos menggulingkan ayahnya dalam kudeta tak berdarah pada tahun 1970. Lantas ia segera menyatakan keinginan untuk mendirikan pemerintahan modern dan menggunakan uang minyak untuk membangun negara. Saat itu hanya ada 10 km (enam mil) jalan beraspal dan tiga sekolah di Oman.

Dalam beberapa tahun pertama pemerintahannya, dengan bantuan pasukan khusus Inggris, ia menekan pemberontakan di provinsi selatan Dhofar. Pemberontakan dilakukan suku yang didukung oleh Republik Demokratik Rakyat Marxis Yaman.

Dia mengejar jalur netral dalam urusan luar negeri dan mampu memfasilitasi pembicaraan rahasia antara Amerika Serikat dan Iran pada 2013 yang mengarah pada kesepakatan nuklir penting dua tahun kemudian.

Karismatik, Visioner, juga Absolut

Sultan Qaboos digambarkan sebagai pemimpin yang karismatik dan visioner, dan ia secara luas dianggap populer. Tetapi dia juga seorang raja absolut dan suara-suara yang berbeda pendapat dibungkamnya.

Tingkat ketidakpuasan muncul pada 2011 selama apa yang disebut sebagai Arab Spring.

Tidak ada pergolakan besar di Oman, tetapi ribuan orang turun ke jalan-jalan di seluruh negeri untuk menuntut upah yang lebih baik, lebih banyak pekerjaan yang mengakhiri korupsi.

Pasukan keamanan awalnya mentolerir protes, tetapi kemudian menggunakan gas air mata, peluru karet dan amunisi hidup untuk membubarkan mereka. Dua orang terbunuh dan belasan orang terluka. Ratusan orang dituntut berdasarkan hukum yang mengkriminalkan "pertemuan ilegal" dan "menghina sultan".

Protes gagal menghasilkan apa pun di jalan perubahan besar. Tetapi Sultan Qaboos memang menghapus beberapa menteri lama yang dianggap korup, memperluas kekuasaan Dewan Konsultatif, dan berjanji untuk menciptakan lebih banyak pekerjaan sektor publik.

Sejak itu, pihak berwenang terus memblokir koran dan majalah independen setempat yang mengkritik pemerintah, menyita buku, dan membungkam aktivis, menurut Human Rights Watch.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : BBC

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper