Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taiwan Akan Gelar Pilpres Secara Langsung, Ada Tiga Kandidat

Taiwan akan mengadakan pemilihan umum presiden-wakil presiden ke-15 dan pemilihan umum legislator ke-10 pada 11 Januari 2020 mendatang.
Taiwans Presidential Office
Taiwans Presidential Office

Bisnis.com, JAKARTA - Taiwan akan mengadakan pemilihan umum presiden-wakil presiden ke-15 dan pemilihan umum legislator ke-10 pada 11 Januari 2020 mendatang.

Sejak 1996, presiden dan wakil presiden Taiwan telah dipilih langsung oleh rakyat, sepenuhnya melaksanakan demokrasi ”Rakyat yang berdaulat”.

Melalui pemilihan pada 11 Januari, rakyat Taiwan akan menggunakan surat suaranya untuk menunjukkan tekad kepada dunia untuk menerapkan demokrasi dan kebebasan, Selain itu menghadirkan fakta sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.

Dibandingkan dengan fakta rakyat Hong Kong yang telah berjuang untuk kebebasan demokrasi di jalanan selama beberapa bulan namun belum berhasil, Taiwan telah membuktikan kepada dunia melalui pemilihan ini bahwa Taiwan sama sekali bukan bagian dari Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan tidak akan pernah menerima apa yang disebut sebagai satu negara, dua sistem oleh China.

Pemilihan ini telah menarik perhatian luas dari media internasional. Sekitar 150 wartawan dari 100 media asing akan berkunjung ke Taiwan untuk melakukan wawancara.

Selain itu, 60 wartawan media asing yang telah ditempatkan di Taiwan juga akan melaporkan pemilu secara mendalam.

Ada tiga kelompok kandidat yang berpartisipasi dalam pemilihan presiden yakni incumbent presiden Tsai Ing-wen dan Lai Ching-te dari Democratic Progressive Party (DPP), Han Kuo-yu dan Chang San-cheng mewakili Kuomintang (KMT) dan James Soong dan Sandra Yu mewakili People First Party.

Dalam pemilihan legislatif, total 647 kandidat bersaing memperebutkan 113 kursi legislator.

Saat ini, ada lebih dari 300.000 orang Indonesia yang telah bekerja, belajar dan tinggal di Taiwan. Orang Indonesia di Taiwan dapat mengamati pelaksanaan sistem demokrasi Taiwan dan merasakan suasana pemilihan yang semarak.

Oleh karena Taiwan dan Indonesia juga menerapkan sistem demokrasi yang sama, dan hubungan antara kedua negara telah terjalin dengan erat dan tidak dapat dipisahkan, tidak peduli apapun hasil dari pemilihan presiden ini, dapat dipastikan bahwa hubungan persahabatan antara Taiwan dan Indonesia akan tetap berlanjut, dan kerja sama antara kedua negara akan semakin erat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper