Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balas Kematian Soleimani, Iran Tembakkan Roket ke Pangkalan Udara AS

Iran mewujudkan ancaman pembalasannya terhadap Amerika Serikat. Negeri Republik Islam ini telah menembakkan puluhan roket ke pangkalan udara gabungan AS-Irak.
Peluncuran roket/
Peluncuran roket/

Bisnis.com, JAKARTA – Iran mewujudkan ancaman pembalasannya terhadap Amerika Serikat. Negeri Republik Islam ini telah menembakkan puluhan roket ke pangkalan udara gabungan AS-Irak.

Mengutip informasi Garda Revolusi Islam (IRGC), media televisi Iran melaporkan serangan tersebut terjadi pada Rabu pagi (8/1/2020) waktu Baghdad.

Seorang pejabat pertahanan AS mengkonfirmasikan bahwa telah terjadi serangan terhadap pangkalan udara Ayn al-Asad di Irak barat.

“Kami mengetahui laporan serangan terhadap fasilitas AS di Irak,” ungkap juru bicara pers Gedung Putih Stephanie Grisham dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Bloomberg.

“Presiden [Donald Trump] telah diberi pengarahan serta tengah memantau situasi ini dengan cermat dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasionalnya,” tambah Grisham.

Kepada televisi Iran, Garda Revolusi Islam mengatakan bahwa akan ada tindakan lebih lanjut yang dilancarkan sebagai respons atas serangan udara di Irak yang menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani pada Jumat (3/1/2020).

“IRGC memberitahukan kepada Setan AS bahwa respons apa pun akan disambut dengan rasa sakit dan kehancuran yang jauh lebih besar,” tegas IRGC.

Kantor berita Iran Fars pada Selasa (7/1/2020) telah mengabarkan bahwa Iran tengah mencermati skenario merespons serangan AS yang menyebabkan kematian Soleimani

Mengutip perkataan kepala dewan keamanan nasional Iran, Fars mengabarkan bahwa Iran tengah mencermati 13 skenario potensial untuk pembalasan atas pembunuhan Soleimani, seperti dilansir dari Bloomberg.

Menyusul perkembangan terbaru serangan Iran Rabu pagi ini, indeks futures AS melemah sedangkan harga emas di pasar spot melonjak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper