Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

American Airlines Akan Dapat Kompensasi dari Boeing

American Airlines Group mencapai perjanjian dengan Boeing Co. soal kompensasi akibat kerusakan armada Boeing 737 MAX.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 07 Januari 2020  |  16:23 WIB
Pesawat American Airlines.  - Reuters
Pesawat American Airlines. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — American Airlines Group Inc. (AAL) melaporkan pihaknya telah mencapai perjanjian dengan Boeing Co. mengenai kompensasi yang harus dibayarkan akibat kerusakan armada Boeing 737 MAX pada 2019.

Dikutip dari Reuters, Selasa (7/1/2020), American sebagai maskapai penerbangan terbesar AS menyampaikan bahwa kompensasi tersebut akan diterima selama beberapa tahun. Kompensasi dibayarkan karena AAL harus menyimpan pesawat Boeing 737 MAX miliknya yang tak mendapatkan izin terbang.

Menurut perusahaan, lebih dari US$30 juta uang kompensasi akan digunakan sebagai program bagi hasil dengan karyawan. AAL juga mengatakan aksi grounding diharapkan tidak berdampak besar terhadap kinerja perusahaan pada kuartal IV/2019.

The Association of Professional Flight Attendants, yang mewakili 28.000 pekerja di AAL, menyampaikan mereka menyambut baik informasi kompensasi tersebut. Namun, mereka masih mengevaluasi detail perjanjiannya.

737 MAX sebetulnya adalah pesawat terlaris dari Boeing, tetapi dihukum untuk tidak dapat terbang akibat dua kecelakaan fatal di Indonesia dan Ethiopia yang menewaskan 346 orang. Perusahaan pun menghentikan produksinya pada bulan ini.

Sementara itu, sejumlah maskapai penerbangan lain di samping AAL, juga sudah mencapai penyelesaian rahasia dengan Boeing dalam beberapa pekan terakhir terkait dengan kasus besar tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

american airlines

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top