Mobil Mantan Diktator Rumania Dilelang

Otoritas Pajak Rumania menjual kendaraan off-road yang dibuat khusus pada tahun 1977 untuk Nicolae Ceausescu, mantan pemimpin diktator Rumania, dengan harga hampir dua kali lipat dari harga awal.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 21 Desember 2019  |  07:22 WIB
Mobil Mantan Diktator Rumania Dilelang
Otoritas Pajak Rumania menjual kendaraan off-road yang dibuat khusus pada tahun 1977 untuk Nicolae Ceausescu, mantan pemimpin diktator Rumania. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Pajak Rumania menjual kendaraan off-road yang dibuat khusus pada tahun 1977 untuk Nicolae Ceausescu, mantan pemimpin diktator Rumania, dengan harga hampir dua kali lipat dari harga awal.

Selama seperempat abad, Ceausescu menahan Rumania dalam cengkeraman kekuasaan. Hal itu menimbulkan pemberontakan berdarah pada 1989, di mana dia dan istrinya diadili dan ditembak mati oleh regu tembak.

Dilansir dari Reuters, Jumat (20/12/2019), mobil tersebut menampilkan kursi dengan lapisan kulit mewah dan bukaan atap listrik, ARO 304 berwarna biru langit, yang digunakan oleh Ceausescu untuk berburu dan kunjungan resmi. Namun, mobil itu gagal menarik pembeli dalam lelang yang berlangsung pada Januari. 

Sebelumnya, Otoritas Pajak Rumania, ANAF, menurunkan harga awal sebesar 25 persen menjadi US$24.00 untuk tender ini, di mana lima peserta mengajukan penawaran dalam 16 langkah hingga mobil itu terjual seharga US$ 44.000. 

Enam mobil yang diproduksi oleh produsen mobil lokal ARO Campulung untuk Ceausescu diketahui tidak beroperasi. Mobil tersebut bahkan hanya disimpan di hanggar di pinggiran Ibu Kota Bucharest. 

Rumania bergabung dengan Uni Eropa pada 2007, tetapi tetap menjadi negara termiskin kedua, dengan birokrasi dan korupsi yang mengakar. Hal itu  menjadi warisan sejak dulu karena banyak pejabat di era komunis tetap bertahan di posisi publik dan memegang pengaruh politik dan bisnis hingga saat ini. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rumania, uni eropa

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top