Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenkes Fasilitasi Perawat Indonesia di Luar Negeri STR versi Online

Bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuwait City, 14 Desember 2019, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Surat Tanda Registrasi (STR) Sistem Online Versi 2.0 kepada sejumlah Perawat Indonesia yang bekerja di Kuwait.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 16 Desember 2019  |  19:21 WIB
Sosialisasi STR kepada perawat Indonesia di Kuwait City / Dok. Kemenkes
Sosialisasi STR kepada perawat Indonesia di Kuwait City / Dok. Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA - Bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuwait City, 14 Desember 2019, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Surat Tanda Registrasi (STR) Sistem Online Versi 2.0 kepada sejumlah Perawat Indonesia yang bekerja di Kuwait. 

Sosialisasi dilakukan oleh Delegasi Kemenkes RI yang dipimpin Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI), Oos Fatimah Rosyati, dengan didampingi Tim dari Biro Kepegawaian, Biro Kerja Sama Luar Negeri, Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

“Registrasi perawat mengalami perkembangan yang asalnya secara manual dan sistem online versi 1.0, maka sejak Januari 2019 dirubah dengan menggunakan aplikasi STR Online versi 2.0,” jelas Oos Fatimah saat penyampaian paparan di depan perwakilan perawat, dikutip dari siaran pers Kemenkes. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan STR online versi 2.0, terjadi perubahan pengajuan registrasi menjadi paperless dan pengiriman STR secara langsung ke pengusul, sehingga proses pengajuan STR menjadi lebih mudah dan cepat.

Duta Besar RI untuk Kuwait, Tri Tharyat, menyampaikan harapannya agar dilakukan simplifikasi alur dan mekanisme verifikasi ijazah sehingga proses registrasi bisa lebih cepat dan mudah. 

“Registrasi yang lebih cepat diperlukan sebagai bentuk perlindungan tenaga kerja di luar negeri dan menghindari hilangnya hak-hak perawat akibat dokumen yang tidak terverifikasi”, jelas Dubes Tri Tharyat.

Data dari PPNI Kuwait menyatakan bahwa saat ini, terdapat sekitar 400 Perawat Indonesia yang bekerja di Kuwait dan hanya sekitar 5-7 persen yang mempunyai STR.

Dengan adanya aplikasi STR Online 2.0, maka pembuatan STR menjadi lebih mudah dan lebih cepat, baik bagi perawat di dalam negeri maupun di luar negeri, termasuk di Kuwait.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes perawat
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top