Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Balai Bahasa Ajari Warga Papua Nugini Berbahasa Indonesia

Tahun ini, Pemerintah Papua Nugini mengirim sebanyak empat orang warganya untuk belajar memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Desember 2019  |  08:42 WIB
Penduduk Papua Nugini melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, Jayapura, Papua, Selasa (14/11). - JIBI/Nurul Hidayat
Penduduk Papua Nugini melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, Jayapura, Papua, Selasa (14/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, SORONG— Balai Bahasa Papua yang berkedudukan di Kota Jayapura membantu warga negara Papua Nugini yang ingin belajar memahami bahasa Indonesia.

Peneliti Ahli Muda Balai Bahasa Papua Sri Yono mengatakan bahwa Balai Bahasa Papua sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai komitmen memartabatkan bahasa Indonesia.

Balai Bahasa Papua, katanya, tidak hanya melakukan penyuluhan bahasa Indonesia yang benar bagi masyarakat di Papua, tetapi juga bagi orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia yang benar.

Menurutnya, tahun ini pemerintah negara tetangga Papua Nugini (PNG) mengirim sebanyak empat orang warganya untuk belajar memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar di Balai Bahasa Papua.

Duta Besar PNG untuk Indonesia, kata Sri Yono, dalam kunjungannya ke Balai Bahasa Papua mengatakan bahwa dan tahun depan 12 pejabat pemerintahan PNG akan datang belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar di Balai Bahasa Papua.

Tidak hanya bahasa, warga PNG juga akan belajar tentang keanekaragaman budaya negara Republik Indonesia.

Sri Yono menyayangkan masih banyak warga Indonesia yang belum mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu padahal warga asing saja ingin belajar memahami bahasa Indonesia.

Fenomena yang terjadi saat ini bahasa Indonesia masih belum menjadi tuan rumah di negara kita sendiri. Hal itu nyata terlihat di ranah publik masih banyak tulisan bahasa asing yang notabene tidak dikunjungi oleh orang asing.

"Balai Bahasa Papua terus melakukan penyuluhan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada masyarakat Indonesia sebagai upaya memartabatkan bahasa Indonesia di negeri kita sendiri," tutur Sri Yono, Jumat (13/12/2019).

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua papua nugini Bahasa Indonesia

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top