Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun 2020, Ada 16 hari Libur Nasional. Ini Rinciannya

Sebentar lagi tahun baru 2020 akan segera tiba. Sebelum tahun berganti, biasanya sebagian orang akan membuat hal-hal yang ingin dicapai atau dilakukan sebagai resolusi di tahun baru. Ada banyak hal yang bisa direncanakan, salah satu diantaranya yaitu destinasi mana saja yang wajib dikunjungi di tahun baru tersebut.
Kalender/
Kalender/

Bisnis.com, JAKARTA - Sebentar lagi tahun baru 2020 akan segera tiba. Sebelum tahun berganti, biasanya sebagian orang akan membuat hal-hal yang ingin dicapai atau dilakukan sebagai resolusi di tahun baru. Ada banyak hal yang bisa direncanakan, salah satu diantaranya yaitu destinasi mana saja yang wajib dikunjungi di tahun baru tersebut.

Untuk merencanakan perjalanan liburan pada tahun 2020 mendatang sudah bisa dilakukan dari sekarang. Apalagi Pemerintah Indonesia sudah merilis sejumlah hari libur nasional sepanjang 2020, termasuk cuti bersama yang biasa digelar selama Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Natal.

Dari 16 hari yang tercatat, 12 di antaranya jatuh pada tengah pekan atau hari biasa. Untuk cuti bersama di Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 22, 26, dan 27 Mei (Hari Jumat, Selasa, dan Rabu). Sedangkan, untuk cuti bersama Hari Raya Natal jatuh pada tanggal 24 Desember (Hari Kamis).

Pegipegi mempunyai jadwal libur dan cuti bersama sepanjang tahun 2020 yang dapat menjadi referensi masyarakat Indonesia untuk berlibur. Berikut kalender Piknik yang Pegipegi rangkum dari bulan Januari hingga Desember.

 Berikut kalender Piknik 2020 yang dirangkum Pegipegi

JANUARI

       1 JANUARI: TAHUN BARU 2020 MASEHI
Tanggal 1 Januari jatuh di hari Rabu, tanggal ini bisa dimanfaatkan untuk cuti pada tanggal 2 - 3 Januari untuk mendapatkan lima hari libur.

       25 JANUARI: TAHUN BARU IMLEK 2571

MARET

       22 MARET: ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW
       25 MARET: HARI SUCI NYEPI TAHUN BARU SAKA 1942
Karena 22 Maret jatuh di hari Minggu dan 25 Maret pada Rabu, cuti bisa diambil selama tanggal 23, 24, 26, 27 Maret untuk mendapatkan seminggu penuh libur.
 
APRIL

       10 APRIL: WAFAT ISA AL MASIH

MEI

       1 MEI: HARI BURUH INTERNASIONAL
1 Mei jatuh pada hari Jumat. Tanggal merah ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan long weekend.

       7 MEI: HARI RAYA WAISAK 2564
Karena 7 Mei jatuh di hari Kamis, cuti bisa ajukan pada 8 Mei untuk mendapatkan empat hari libur.
        21 MEI: KENAIKAN ISA AL MASIH

        24 - 25 MEI: HARI RAYA IDUL FITRI 1441 HIJRIAH

Karena 21 Mei jatuh pada hari Kamis dan 24 - 25 Mei merupakan libur nasional, cuti dapat dimanfaatkan pada 22 Mei untuk mendapatkan delapan hari libur (sudah termasuk cuti bersama)

JUNI

       1 JUNI: HARI LAHIR PANCASILA
Tanggal 1 Juni jatuh pada hari Senin. Tanggal libur ini dapat dimanfaatkan untuk long  weekend.

JULI

       31 JULI: HARI RAYA IDUL ADHA 1441 HIJRIAH 12
Tanggal 31 Juli jatuh pada hari Jumat. Long weekend ini dapat dimanfaatkan bagi yang ingin pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Adha.

AGUSTUS

       17 AGUSTUS: HARI KEMERDEKAAN RI
       20 AGUSTUS: TAHUN BARU ISLAM 1442 HIJRIAH
Bulan ini dapat dimanfaatkan untuk libur selama 1 minggu penuh, mengingat 17 Agustus jatuh pada hari Senin dan 20 Agustus pada hari Kamis. Selanjutnya dapat mengambil libur dengan cuti pada 18 - 19 Agustus dan 21 Agustus.

OKTOBER

       29 OKTOBER: MAULID NABI MUHAMMAD SAW
Karena 29 Oktober jatuh pada hari Kamis, maka dapat mengambil cuti pada 30 Oktober untuk mendapatkan empat hari libur.

DESEMBER

       25 DESEMBER: HARI RAYA NATAL
Karena tanggal 24 Desember adalah cuti bersama, manfaatkan untuk mengambil cuti di 21, 22, 23 Desember untuk mendapatkan libur seminggu penuh. Atau, dapat juga memanfaatkan libur di akhir tahun karena tanggal 1 Januari jatuh di hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper