Jokowi Raih Penghargaan Asian of The Year 2019 dari Straits Times

Media Singapura ini menobatkan Jokowi karena menjadi sosok pemersatu dalam masa kekacauan dan gangguan, selain atas ketangkasannya dalam menavigasi arus lintas politik dalam negeri yang rumit serta urusan internasional.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 05 Desember 2019  |  10:08 WIB
Jokowi Raih Penghargaan Asian of The Year 2019 dari Straits Times
Presiden Joko Widodo berjalan seusai memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapatkan penghargaan sebagai Asian of the Year 2019 oleh The Straits Times.

Media Singapura ini menobatkan Jokowi karena menjadi sosok pemersatu dalam masa kekacauan dan gangguan, selain atas ketangkasannya dalam menavigasi arus lintas politik dalam negeri yang rumit serta urusan internasional.

“Kepribadiannya yang membumi, kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang, berempati dengan rakyat jelata telah memenangkan hati banyak pendukungnya. Di luar negeri, mereka memuji kemampuannya untuk memandang ke luar cakrawala dan bergulat dengan tantangan strategis yang dihadapi negaranya,” demikian seperti diungkapkan Straits Time".

Para editor Straits Times memuji perannya dalam menempatkan Indonesia di jantung Asean.

Para pemimpin negara-negara anggota Asean mengadopsi "pandangan mengenai Indo-Pasifik", yang dirancang oleh Indonesia, pada KTT ASEAN di Bangkok pada bulan Juni dan yang mempertahankan posisi netral kelompok regional di tengah meningkatnya persaingan antara China dan Amerika Serikat untuk supremasi di wilayah tersebut.

Jokowi pertama kali memperkenalkan konsep kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip utama, termasuk keterbukaan, inklusivitas, dan sentralitas Asean, pada KTT Asia Timur di Singapura pada November tahun lalu.

Warren Fernandez, pemimpin redaksi Singapore Press Holdings' English/Malay/Tamil Media Group dan editor The Straits Times, mengatakan penghargaan itu dimaksudkan untuk menghormati seseorang yang telah memberikan kontribusi positif bagi Asia dalam prosesnya.

"Presiden Joko Widodo telah melakukan itu dengan sangat baik. Tidak hanya dia telah memenangkan masa jabatan kedua, tetapi dia juga telah membawa Indonesia maju. Demikian juga dengan Asean. Ada banyak ruang baginya untuk memimpin lebih jauh jika dia mengatur keterampilan politik yang cukup dan niat baik yang ia nikmati bersama orang-orang di seluruh Asia," katanya, seperti dikutip Straits Time.

Penghargaan The Straits Times’ Asian of the Year yang telah memasuki tahun kedelapan diberikan kepada tokoh berpengaruh di Asia yang telah membuat dampak signifikan selama 12 bulan terakhir. Pada tahun sebelumnya, editor memilih The First Responders, organisasi bantuan bencana alam, sebagai Asians of the Year..

Pemenang sebelumnya termasuk perdana menteri pendiri Singapura Lee Kuan Yew, yang ditunjuk secara anumerta, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, presiden, asean

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top