Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wacana Pilkada oleh DPRD, KPU : Pemilihan Masih Secara Langsung

Evaluasi mengenai pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung atau tidak langsung akan diserahkan kepada legislatif.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 November 2019  |  13:52 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman KPU - Bisnis/Anggara Pernando
Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman KPU - Bisnis/Anggara Pernando

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan sistem pemilihan kepala daerah masih dilakukan secara langsung.

"Kalau soal pilihan sistem, kami serahkan sepenuhnya kepada pembuat UU [undang-undang]. Pemerintah dan DPRD yang punya kewenangan untuk itu," katanya di Kantor Presiden, Senin (11/11/2019).

Jadi, dia menyebutkan evaluasi mengenai pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung atau tidak langsung akan diserahkan kepada legislatif.

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia Machfud M. D. mengungkapkan wacana tersebut sempat dibahas ketika pertemuan antara pimpinan KPU dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (11/1//2019).

"Ada disinggung tapi tidak dibahas tapi pemerintah belum punya pendapat resmi. Kami baru saling lempar ide jadi belum dibahas dan belum ada kesimpulan tapi tentu akan dibahas," tekannya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melemparkan wacana apakah pilkada secara langsung masih relevan di Kompleks DPR, Rabu (6/11/2019).

Dia berpendapat pilkada menelan biaya yang tidak sedikit dan rawan tindakan korupsi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu pkpu Pilkada Serentak Pilkada Langsung
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top