Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nirmal Purja Mendaki 14 Gunung Tertinggi Dunia Hanya dalam 6 Bulan

Nirmal Purja (36), warga negara Nepal, berhasil menjadi pendaki tercepat yang mencapai 14 gunung tertinggi di dunia dalam waktu enam bulan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 29 Oktober 2019  |  21:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Nirmal Purja (36), warga negara Nepal, berhasil menjadi pendaki tercepat yang mencapai 14 gunung tertinggi di dunia dalam waktu enam bulan.

Dilansir dari Reuters Selasa (29/10/2019), Mingma Sherpa dari agensi Seven Summit Treks yang menyediakan logistik untuk tim Purja mengatakan bahwa Purja ditemani oleh tiga pendaki sherpa saat mendaki Gunung ke-14, yakni Shishapangma di China setinggi 8.027 meter di atas permukaan laut (Mdpl) atau 26.335 kaki.

"Ini adalah rekor dunia," ujarnya. Purja telah mendaki 14 puncak tertinggi di dunia, delapan di antaranya berada di Nepal, lima di Pakistan, dan satu di Tibet.

Delapan gunung di Nepal itu ialah Annapurna (23 April), Dhaulagiri (12 Mei), Kanchenjunga (15 Mei), Everest dan Lhotse (22 Mei), dan Makalu (24 Mei).

Lima yang berada di Pakistan, Nanga Parbat (3 Juli), Puncak G1 (15 Juli), Puncak G2 (18 Juli), Puncak K2 (24 Juli), dan Broad Peak (26 Juli). Sementara dua gunung di China ialah Cho Oyu (23 September) dan Shishapangma (29 Oktober).

Adapun, rekor pendakian tercepat sebelumnya dipegang oleh Kim Chang-Ho asal Korea Selatan yang menyelesaikan semua pegunungan setinggi 8.000 Mdpl selama tujuh tahun, 10 bulan dan enam hari.

"Misi tercapai," ujar Purja dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, @nimsdai. Saat ini, menurut Mingma Sherpa, semua peserta sedang dalam perjalanan menuju markas dan diperkirakan kembali ke Kathmandu pada Minggu ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

everest pendaki gunung

Sumber : Reuters

Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top