Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

13 Hari Sebelum Temuan FDA, CEO Johnson & Johnson Yakinkan Produknya Bebas Asbes

Chief Executive Officer Johnson & Johnson Alex Gorsky bersikeras bahwa merek ikon perusahaan tersebut aman, dalam menghadapi gugatan untuk pertama kalinya terhadap produk bedak bayi produksi perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA – Chief Executive Officer Johnson & Johnson Alex Gorsky bersikeras bahwa merek ikon perusahaan tersebut aman, dalam menghadapi gugatan untuk pertama kalinya terhadap produk bedak bayi produksi perusahaan.

"Kami benar-benar percaya bahwa bedak bayi kami tidak mengandung asbes," Gorsky bersaksi dalam deposisi pada 3 Oktober, seperti dikutip Reuters.

Kasus ini bermula dari pensiunan profesor perguruan tinggi Indiana yang menuduh kankernya disebabkan oleh bedak bayi yang ia gunakan selama beberapa dekade. Deposisi ini belum dilaporkan sebelumnya.

Gorsky, mengutip "ribuan tes dan penelitian" untuk mendukung kesaksiannya, dan mengatakan dirinya tidak mengetahui bahwa bedak bayi mengandung asbes.

Rabu (16/10) lalu, hanya 13 hari setelah deposisi, Badan Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengatakan kepada raksasa kesehatan tersebut bahwa mereka telah mkandungan asbes dalam sebotol produk Johnson's Baby Powder.

Pada hari Jumat (18/10), sehari setelah mendapatkan hasil tes FDA penuh, J&J menarik 33.000 botol produk tersebut di AS. Ini menandai pertama kali perusahaan menarik produ untuk kemungkinan kontaminasi asbes dan pertama kali regulator AS mengumumkan menemukan asbes dalam produk tersebut.

Penarikan itu adalah pukulan terbaru bagi perusahaan yang telah bertahun-tahun mencoba memproyeksikan citra sebagai perusahaan yang peduli. Sekarang mereka menghadapi ribuan tuntutan hukum atas berbagai produk, termasuk tindakan hukum oleh lebih dari 15.000 konsumen yang mengklaim bubuk bedaknya menyebabkan kanker.

Saham J&J, yang pada bulan Februari mengatakan telah menerima panggilan dari Departemen Kehakiman AS dan Komisi Sekuritas serta Bursa AS untuk dokumen terkait dugaan kontaminasi asbes, turun hampir 6 persen pada hari Jumat setelah penarikan diumumkan.

Penyelidikan itu mencakup penyelidikan kriminal besar-besaran tentang seberapa jujur J&J tentangterhadap keamanan produknya, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Dalam deposisi itu, Gorsky berkali-kali ditekan untuk mengatakan bahwa bedak bubuk perusahaan bebas asbes. Tetapi dalam menjawab pertanyaan di bawah sumpah untuk pertama kalinya, dia berpegang pada pernyataannya bahwa dia “percaya” bedak J&J bersih.

Temuan FDA akan membuat jauh lebih sulit bagi Gorsky dan perusahaan untuk terus mengatakan bahwa mereka "percaya" bedak alek bebas dari asbes, kata Elizabeth Burch, pakar liabilitas produk di Fakultas Hukum Universitas Georgia.

J&J tetap berpegang teguh terhadap keamanan bedaknya dan mengatakan sedang menyelidiki hasil tes FDA. Perusahaan mengatakan melanjutkan dengan penarikan karena banyak kehati-hatian.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, J&J mengatakan: "Ribuan tes selama 40 tahun terakhir berulang kali mengkonfirmasi bahwa produk bedak konsumen kami tidak mengandung asbes, termasuk tes sebelumnya oleh FDA baru-baru ini."

Dalam tanggapan tertulis terhadap pertanyaan dari Reuters pada hari Senin, J&J menambahkan bahwa Gorsky tidak memiliki pengetahuan tentang temuan asbes FDA pada saat deposisi.

Perusahaan itu juga mengatakan FDA memberi tahu pada 20 September bahwa tes produk Baby Powder tidak menemukan asbes. Regulator juga tidak mendeteksi asbes selama pengujian pada 2010 dengan menggunakan teknik pengujian paling canggih yang tersedia."

Kesaksian Gorsky menggemakan pernyataan yang dia buat setelah Reuters pada 14 Desember tahun lalu menerbitkan penyelidikan yang menemukan bahwa J&J tahu selama beberapa dekade bahwa ada kandungan asbes dalam produk bedaknya.

Catatan internal perusahaan, kesaksian persidangan, dan bukti lain bahwa dari setidaknya tahun 1971 hingga awal 2000-an, bedak mentah perusahaan dan bubuk jadi terkadang mendapat hasil positif terdapat kandungan kecil asbes, menurut investigasi Reuters.

Para eksekutif perusahaan, manajer tambang, ilmuwan, dokter, dan pengacara mengkhawatirkan masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, namun gagal mengungkapkannya kepada regulator atau publik.

Jim Kramer, pengacara yang menggulingkan Gorsky bulan ini, mengatakan ia berencana untuk meminta hakim negara bagian New York dalam kasus ini untuk memungkinkannya mempertanyakan untuk CEO kedua kalinya mengingat adanya temuan FDA dan penarikan produk.

J&J menolak mengomentari kemungkinan putaran kedua dengan Kramer atau tentang strategi hukumnya setelah hasil tes FDA.

Gorsky menghadapi setidaknya satu deposisi lagi, yang ini diperintahkan oleh hakim Missouri untuk kasus-kasus kanker akibat bedak bayi di negara bagian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper