Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Erdogan Siapkan Serangan Darat dan Udara ke Suriah Utara

Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa Turki siap memulai operasi militer di Suriah utara untuk mengklaim wilayah-wilayah dari pasukan Kurdi yang didukung Amerika.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 05 Oktober 2019  |  23:59 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan - Reuters
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa Turki siap memulai operasi militer di Suriah utara untuk mengklaim wilayah-wilayah dari pasukan Kurdi yang didukung Amerika.

"[Kami dapat bertindak] segera hari ini atau besok. Kami telah membuat persiapan, menyelesaikan rencana operasi kami. Kami telah memberikan perintah yang diperlukan. Operasi di timur sungai Efrat di Suriah utara akan dilakukan di darat dan udara," kata Erdogan dalam  pertemuan Partai AK di Kizilcahamam di Provinsi Ankara, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Sabtu (5/10/2019).

Meskipun demikian, Erdogan berjanji untuk menciptakan zona penyangga di dalam wilayah Suriah dengan mendorong kembali milisi Kurdi dan menempatkan para pengungsi Suriah di utara negara itu.

Adapun, Turki mencurigai bahwa AS mendukung aspirasi Kurdi untuk pemerintahan sendiri di Suriah dan siap menggunakan kekuatan militer untuk mencegah apa yang dianggapnya sebagai upaya untuk menggambar kembali peta wilayah itu.

Turki pun melihat para pejuang itu sebagai ancaman kritis karena kaitan mereka dengan separatis PKK, kelompok Kurdi yang mencari otonomi.

Lebih lanjut, Erdogan juga ingin memukimkan kembali beberapa dari lebih dari 3,6 juta warga Suriah yang melarikan diri dari perang saudara negara mereka di daerah penyangga untuk meringankan beban pada ekonomi Turki dan meredakan ketegangan sosial karena menampung populasi pengungsi terbesar di dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suriah Recep Tayyip Erdogan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top